7 Tips Hindari Overthingking yang Bisa Mempengaruhi Kesehatan Mental

  • Bagikan
ilustrasi

5. Iritabilitas

Ketidakstabilan mental terus-menerus dan pikiran negatif terkait dengan berpikir berlebihan dapat membuat individu lebih rentan terhadap perubahan suasana hati dan mudah tersinggung.

6. Pikiran yang mengganggu

Terlalu banyak berpikir dapat merusak pola tidur sehingga sulit menenangkan pikiran dan mencapai tidur nyenyak mengakibatkan kurang tidur, kelelahan, dan gangguan fungsi di siang hari.

7 tips menghindari overthinking:

1. Mendengarkan Musik

Musik menjadi penambah suasana hati yang ampuh membantu menghentikan pikiran-pikiran tidak menyenangkan. Memutar musik menenangkan bisa membuat kamu rileks dan mengubah fokus.

2. Bicara dengan seseorang

Berbicara dengan anggota keluarga atau teman tepercaya tentang kekhawatiran mungkin membantu kamu mendapatkan perspektif dan dukungan baru. Ini juga akan membantu mengurangi rasa kebingungan dan masalah yang membuat kamu terlalu banyak berpikir.

3. Habiskan waktu di alam

Alam menyediakan ruang yang tenang membantu menenangkan pikiran. Menghabiskan waktu di alam, baik di tepi danau, berjalan-jalan di taman, atau sekadar duduk-duduk dapat mengurangi stres dan berpikir berlebihan.

4. Jalan-jalan

Aktivitas fisik terutama jalan kaki merangsang pelepasan endorfin yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres.

5. Menarik napas dalam

Latihan pernapasan dalam menyebabkan tubuh masuk ke mode relaksasi yang menenangkan sistem saraf dan meningkatkan kejernihan mental. Sertakan latihan pernapasan dalam lewat latihan sehari-hari untuk mengendalikan pemikiran berlebihan saat berada di bawah tekanan.

  • Bagikan