Proyeksi Hasil Pemilu 2024 di Bone, Dominasi Partai Golkar di DPRD Bone Diprediksi Bakal Berakhir

  • Bagikan
Sekretariat Partai Golkar Kabupaten Bone

BONE, RAKYATSULSEL - Meski perhitungan suara hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 masih berlangsung hingga saat ini di setiap kecamatan di Kabupaten Bone, namun hampir bisa dipastikan jika partai politik Golongan Karya (Golkar) di Kabupaten Bone akan kehilangan tiga (3) kursi di DPRD Kabupaten Bone. 

Partai Golkar yang dalam beberapa dekade Pemilu di Kabupaten Bone yang dulunya selalu mendominasi dan menjadi pemenang, kini di 2024-2029 bakal hanya menyisakan enam (6) kursi dari sembilan (9) kursi sebelumnya 2019-2024.

Salah seorang pengamat politik di Kabupaten Bone, Andi Edy menuturkan bahwa salah satu penyebab perolehan suara partai Golkar berkurang adalah disamping ada kadarnya yang lintas atau pindah partai, juga banyaknya bermunculan wajah-wajah baru dari parpol lainnya seperti Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta PPP.

"Pada Pemilu kali ini, Golkar bakal kehilangan 3 kursi di DPRD Kabupaten Bone. Itu menandakan dominasi Golkar di Kabupaten Bone mulai berakhir," ujar Andi Edy, Sabtu (24/02/2024).

"Bahkan ini akan menjadi pertama kalinya kursi pucuk pimpinan/Ketua DPRD Kabupaten Bone akan diisi partai lain (bukan Golkar), seperti Gerindra dan PKB," ujarnya lagi. 

Lanjutnya, dengan runtuhnya dominasi Golkar di Kabupaten Bone bakal berimbas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) nantinya.

  • Bagikan