Bisa Mengusung di Pilgub Sulsel Tanpa Koalisi, Pengamat Nilai NasDem Punya Nilai Tawar Tinggi

  • Bagikan
Prof Sukri Tamma

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - NasDem Sulsel sudah dipastikan bisa mengusung kader sendiri pada Pemilihan Gubernur Sulsel nanti dengan mengunci 18 kursi.

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Sukri Tamma menilai, jika memang Nasdem dapat meraih 17 kursi hingga 18 kursi maka itu menjadi modal besar melangkah ke Pilkada 2024. Nasdem sudah mengamankan 20 persen kursi di DPRD Sulsel, sehingga dapat mengusung calon sendiri.

"Ini keuntungan Nasdem karena tidak akan dikte oleh partai lain karena mereka punya tawar tinggi tanpa koalisi," katanya.

Terkait figur yang potensi didorong, Sukri menilai Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse Mappasessu (RMS). Selain ketua, dia memiliki suara yang paling tinggi. 

Dalam real count KPU saja, RMS telah memperoleh 118.409 suara. Itu salah satu modal besar untuk maju. Istrinya, di Dapil Sulsel I juga menjadi salah satu yang memperoleh suara tertinggi.

"Jadi setidaknya itu semua modal awal. Jika pun tidak, paling tidak Nasdem akan memegang kendali jika harus koalisi," jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan