Hadiri Rapat Pleno Tingkat Kota, Pj Wali Kota Parepare Sebut Rekapitulasi Akhir Tonggak Penting Demokrasi

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pemilu tahun 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor KPU Kota Parepare, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Selasa, (27/2/2024).

Hadir Penjabat (Pj) Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Dede Harirustaman mewakili Penjabaf (Pj) Walikota Parepare Dr Akbar Ali, Ketua KPU Kota Parepare Muhammad Awal Yanto, yang didampingi empat komisioner KPU lainnya. Yakni, Kalmasyari, Ilham H Muhtar, Nur Islah, dan Ahmad Perdana Putra, termasuk perwakilan Forkompinda, Bawaslu, dan beberapa undangan lainnya.

Ketua KPU Parepare, Muh Awal Yanto menyampaikan apresiasinya dan ucapan terima kasih kepada PPS dan PPK yang bekerja ekstra sehingga rekapitulasi pada pemilu 2024 berjalan dengan baik hingga sampai di tingkat kota.

"Berkat kerja keras PPK dan PPS sehingga kita bisa sampai pada rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat kota sekarang ini," ujarnya.

Sementara, dalam sambutan tertulis Pj Wali Kota Parepare yang dibacakan oleh Asisten I Pemkot Parepare, Dede Harirustaman mengatakan, rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara ini menjadi tonggak penting dalam proses demokrasi di Kota Parepare, yang menandai langkah awal menuju kesuksesan penyelenggaraan pemilu yang adil, transparan, dan berkualitas.

"Rapat rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara ini memiliki arti yang sangat penting dalam proses pengawalan dan pemantauan terhadap penyelenggaraan pemilu,"jelas Dede.

Dia memaparkan, melalui rapat ini, akan meninjau secara seksama hasil perhitungan suara dari seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Parepare, untuk memastikan bahwa prosesnya berjalan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dan mencerminkan kehendak rakyat.

"Dalam rapat ini, kita akan mengkaji setiap detail hasil perhitungan suara, memastikan integritas dan validitasnya, serta menanggapi setiap potensi ketidakberesan yang mungkin timbul," pungkasnya.

Dede berpesan agar keterbukaan, kejujuran, dan ketelitian menjadi prinsip yang harus dipegang teguh dalam proses rekapitulasi ini, demi terwujudnya proses pemilu yang bersih dan demokratis.

Karena itu, sambungnya, ia mengapresiasi segala upaya yang telah dilakukan oleh KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta seluruh petugas KPPS yang telah bekerja keras menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi dan profesionalisme.

"Kerja keras dan keseriusan kalian merupakan fondasi yang kokoh bagi terlaksananya proses pemilu yang berkualitas dan terpercaya,"tandasnya.

Dia mengajak seluruh peserta rapat, khususnya para pengawas dan saksi dari masing-masing partai politik (parpol) untuk menjaga suasana rapat tetap kondusif dan harmonis.

"Mari kita bersikap kooperatif, saling menghormati, dan fokus pada substansi pembahasan, demi tercapainya tujuan bersama," jelasnya.

Dia berharap agar setiap suara rakyat di Kota Parepare terwakili secara proporsional dan tidak terdistorsi. Semua pihak harus bekerja sama dalam semangat sportivitas dan persatuan, menjunjung tinggi semangat demokrasi dan supremasi hukum.

"Harapan saya agar rapat rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara ini dapat berjalan dengan lancar, tertib, dan tanpa hambatan. Semoga proses ini menghasilkan keputusan yang bijaksana dan dapat diterima oleh semua pihak," tandasnya.(Yanti)

  • Bagikan