Semarakkan Bulan K3 Nasional 2024, PT Semen Tonasa Menggelar Lomba Tanggap Darurat

  • Bagikan
Lomba Tanggap Darurat yang digelar PT Semen Tonasa dalam rangka merayakan Bulan K3 Nasional tahun 2024.

PANGKEP, RAKYATSULSEL - PT Semen Tonasa mengadakan sejumlah kegiatan lomba untuk merayakan Bulan K3 Nasional tahun 2024. Salah satu kegiatan utamanya adalah Lomba Tanggap Darurat.

Sebanyak 11 tim dari berbagai unit kerja di PT Semen Tonasa dan afiliasinya mendaftar untuk berpartisipasi dalam lomba ini. Setiap tim terdiri dari lima anggota. Lomba tersebut mencakup beberapa kategori, seperti pemadaman api menggunakan APAR, pemadaman api menggunakan hydrant, serta pertolongan pertama pada korban patah kaki dan leher. Acara lomba ini dilaksanakan di depan CCR Tonasa V, Selasa (27/2/24).

Mochamad Alfin Zaini, Direktur Operasi PT Semen Tonasa, menyampaikan dalam pembukaan kegiatan bahwa lomba ini tidak sekadar tentang mencari kemenangan semata. Lebih dari itu, ia berharap peserta dapat melihat aspek lain dari kegiatan ini, yaitu sebagai latihan untuk tetap siap menghadapi situasi darurat di sekitar perusahaan.

"Kita dilatih untuk memiliki pikiran yang cepat dan mengambil keputusan yang tepat, untuk melindungi diri, rekan kerja, dan perusahaan kita secara luas," katanya.

Alfin menekankan pentingnya mengimplementasikan dan memahami K3 dalam kegiatan sehari-hari, terutama untuk mengantisipasi potensi bencana yang bisa terjadi kapan saja.

Sementara itu, Yosi Reapradana, General Manager Perencanaan dan Pengendalian Produksi, berharap lomba ini dapat mendorong semangat peserta untuk meningkatkan kemampuan dalam pemadaman api dan pertolongan pertama pada kecelakaan, sambil tetap menikmati proses lomba itu sendiri.

"Lomba ini memiliki manfaat besar, selain meningkatkan keterampilan, juga meningkatkan kesigapan dan kesiapan kita dalam menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Dalam penilaian lomba ini, para juri memperhatikan berbagai aspek, termasuk tindakan pengamanan terhadap korban patah leher dan kaki, penggunaan alat keselamatan sesuai standar, serta semangat dan kekompakan tim serta ketepatan waktu. (***)

  • Bagikan