Demokrat dan PKS Dipastikan Kehilangan Kursi Pimpinan di DPRD Sulsel

  • Bagikan
Gedung DPRD Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dua Partai Politik (Parpol) dipastikan kehilangan kursi pimpinan DPRD setelah mengalami penurunan kursi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 14 Februari 2024 kemarin. Keduanya yakni Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pada Pemilu saat ini Partai Demokrat hanya bisa dipastikan mengunci 7 kursi yang sebelumnya mampu meraih 10 kursi. Adapun Dapil yang hilang yakni Sulsel 2 (Makassar B), Sulsel 3 (Gowa,Takalar) dan Sulsel 4 (Jeneponto, Bantaeng, Selayar).

Sementara PKS hanya diprediksi mengunci 7 kursi yang sebelumnya 8 kursi. Dimana PKS kehilangan kursi di Dapil Sulsel 9 (Sidrap, Pinrang, Enrekang) setelah NasDem memborong 5 kursi di Dapil tersebut. 

Adapun yang diprediksi memperoleh kursi pimpinan DPRD Sulsel setelah NasDem mengunci 17 kursi, Golkar 14 Kursi dan Gerindra 13 kursi yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

"Alhamdulillah, PPP mengunci Wakil Ketua 3 DPRD Sulsel. Kami dapat 8 (kursi) sama dengan PKB, tapi PPP lebih besar suaranya," singkat ketua DPW PPP Sulsel, Imam Fauzan.

Sekretaris DPW PPP Sulsel, Nur Amal melanjutkan  pada Pileg 2024 ini, PPP memberikan kejutan. Pada 2019, partai Kabah ini mengontrol 6 kursi, kini menjadi 8 kursi. 

"Kami bersyukur bisa mengunci 8 kursi di DPRD Provinsi, sehingga bisa mendapatkan unsur pimpinan," katnya.

Amal merincikan Dapil mana saja PPP memperoleh satu kursi. Diantaranya Makassar B, Dapil 4 Jeneponto-Bantaeng-Kepulauan Selayar, Dapil 5 Bulukumba-Sinjai, Dapil 8 Soppeng-Wajo. 

Selanjutnya Dapil 9 Sidrap-Enrekang-Pinrang, dan Dapil 11 Luwu Raya. Khusus Dapil Sulsel 3 meliputi Gowa-Takalar, PPP memperoleh 2 kursi. 

"Dapil 6 (Maros, Pangkep, Barru, Parepare) kami kosong. Begitu juga di Bone (Dapil 7), juga tidak ada kursi dan Toraja juga kosong (Dapil 10)," ujar Amal.

"Di Makassar A kami belum pasti, tapi ada potensi bisa dapat kursi, karena selisihnya tipis," lanjutnya. 

Sementara itu, PKB juga tetap mempertahankan perolehan kursinya pada 2019 lalu. Partai besutan Muhaimin Iskandar ini juga mantap bertahan di posisi 8 kursi DPRD Sulsel. 

Sekretaris Fraksi PKB DPR Sulsel, Fauzi Andi Wawo bilang partainya sudah pasti mengunci 8 kursi. Namun ia enggan membahas perolehan itu bisa mendapat jatah pimpinan atau tidak. 

"Kami dapat 8 kursi. Kalau itu (unsur pimpinan), kami belum tahu. Saya belum bisa bicara soal itu," jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan