Ridwan Kamil dan Dinamika Politik Jakarta: Sebuah Analisis

  • Bagikan
Dr. (H.C.) H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D.

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Baru-baru ini, masyarakat Indonesia dihebohkan oleh kemunculan baliho yang menampilkan sosok Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat, dalam perjalanan ke Jakarta. Kejadian ini dengan cepat menjadi viral di media sosial, memicu spekulasi tentang kemungkinan pencalonannya dalam Pemilihan Gubernur Jakarta yang akan datang.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, angkat bicara mengenai isu yang berkembang. Beliau mengonfirmasi bahwa Partai Golkar telah mengeluarkan surat penugasan kepada seluruh kepala daerah dari partai tersebut untuk maju dalam pemilihan di tingkat daerah, termasuk Ridwan Kamil.

Baliho Ridwan Kamil OTW Jakarta. Istimewa.

Airlangga menyatakan, “Penugasan ini dilakukan bersamaan dengan Pileg. Dengan adanya penugasan ini, Partai Golkar akan melakukan evaluasi terhadap kinerja dan efektivitas para kepala daerah.”

Menurut Airlangga, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Golkar akan segera mengadakan rapat untuk mengevaluasi hasil penugasan tersebut, termasuk untuk Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia Praratya. “Proses evaluasi ini penting untuk menentukan langkah partai selanjutnya,” tegasnya.

Dalam konteks Pilgub DKI Jakarta, Ridwan Kamil telah ditugaskan oleh Partai Golkar untuk maju sebagai salah satu kandidat. Hal ini diungkapkan oleh Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, yang juga menyebut nama Ahmed Zaki Iskandar sebagai kandidat potensial lainnya.

Ace menjelaskan, “Partai Golkar telah menugaskan dua nama untuk DKI Jakarta, yaitu Ridwan Kamil dan Zaki Iskandar. Keduanya memiliki potensi yang sama untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta. Namun, pada akhirnya, partai harus memilih salah satu dari mereka.”

Dilansir dari detik.com, Ace menyatakan bahwa partai memberikan kesempatan kepada kedua kandidat untuk meningkatkan elektabilitas mereka. “Kami akan melakukan survei untuk menentukan kandidat terbaik berdasarkan elektabilitas mereka,” ujar Ace.

Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, Zaki Iskandar, diakui memiliki kemampuan yang memadai untuk posisi tersebut. Sementara itu, Ridwan Kamil juga dipertimbangkan untuk kembali maju dalam Pilgub Jawa Barat.

  • Bagikan