Pemkot Parepare Gelar Rapat Koordinasi Terkait Kedatangan Kapal Kontainer PT. Meratus Perjalanan Surabaya – Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota Parepare menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama Stakeholder dari Polres Parepare, Kodim 1405, serta dinas terkait untuk membahas persiapan kedatangan dan beroprasinya PT. Meratus kontainer Palayaran Surabaya – Parepare.

Rapat koordinasi tersebut berlangsung di Lounge Bj Habibie Kantor Wali Kota dan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Parepare, Husni Syam. Acara kemudian dilanjutkan oleh Asisten Dua Perekonomian dan Kesra, Andi Ardian Asyraq pada hari Kamis, (14/3/24).

Menanggapi hal ini, Sekda Kota Parepare Husni Syam menyatakan, “Perlunya Kerjasama untuk menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam mengahadapi kedatangan Kapal Meratus (Kapal Kontainer) termaksud persiapan jalur darat untuk kelancaran kendaraan kontainer.” Ujarnya.

Di tambahkan Asisten Dua, Andi Ardian Asyraq, bahwa Perencanaan kedatangan Kapal Kontainer Meratus itu pada tanggal 23 Maret 2024.

“Untuk persiapan lainnya Pihak Pelindo akan mempersiapkannya, dan Pemerintah Kota Parepare dalam hal ini hanya Fasilitator. Pemamfaatan sepenuhnya ada pada pihak Pelindo yang akan mempersiapkan segala infrastruktur seperti Crane dan peralatan penunjang lainnya.” Ucapnya.

Dan untuk pertemuan kali ini kenapa kita mengundang steakholder dari APH Polres dan Kodim karena ada perencanaan pengesterilan jalur yang ada di belakang Pasar Lakessi.

“Yang mana jalur tersebut manjadi jalur distribusi kendaraan-kendaraan Kontainer, sedangkan kita pahami bahwa dibelakang Pasar Lakessi itu terjadi pusat kegiatan dalam hal ini Pasar.” Lanjutnya.

Dari hasil pertemuan tersebut di ambil langkah-langkah strategis seperti akan di adakannya terlebih dahulu Sosialisasi yang mana para pedagang yang berjualan di pinggir jalan baik di atas kendaraan dan di lapak diarahkan masuk kedalam yg telah disediakan.

“Selain dengan Sosialisasi kami juga akan memasang Papan bicara larangan berjualan di area tersebut dan pada akhirnya dilakukan penindakan.” Jelasnya.

Rapat koordinasi ini juga menjadi wadah bagi seluruh pihak terkait untuk saling berkoordinasi dan bertukar informasi guna memastikan segala aspek terkait dengan pembukaan jalur kontainer dapat diatasi dengan baik.

Hal ini sejalan dengan upaya Pemkot Parepare untuk terus meningkatkan infrastruktur dan pelayanan publik guna mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. (*)

  • Bagikan