Dinkes Sulsel Siapkan Layanan Kesehatan, Kawal Arus Mudik – Balik Lebaran 2024

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSELCO- Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel mengimbau entitas kesehatan di Sulsel untuk memberikan atensi pada pelayanan kesehatan selama arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2024.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Sulsel, Ardadi saat diwawancara Rakyat Sulsel, Selasa (2/4).

Kata dia, pihaknya telah menggelar rapat bersama dengan seluruh perangkat kesehatan yang ada di Sulsel untuk memastikan aktivasi layanan kesehatan terutama pada jalur-jalur utama mudik, baik jalan lintas provinsi atau lintas kabupaten.

“Jadi kami berikan atensi dan mengimbau kepada instansi kesehatan yang di Sulsel untuk memastikan aktivasi atau keaktifan fasilitas kesehatan, terutama IGD yang terletak di sepanjang jalan,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, aktivasi layanan kesehatan selama proses mudik sudah dimulai, bahkan arus balik juga sudah masuk dalam perencanaan dan imbauan itu.

“Jadi begitupun arus balik mudik, kita juga siagakan dan berikan perhatian,” ungkapnya.

Ia menuturkan, aktivasi layanan kesehatan pada wilayah sekitar wisata juga turut diperhatikan, sebab pasca lebaran masyarakat acapkali memanfaatkan waktu libur untuk bertamasya pada lokasi wisata.

Kemudian, kata dia, pihak Dinas Kesehatan se-Sulsel bakal turut andil dalam posko pengamanan mudik lebaran terpadu yang melibatkan stakeholder lintas sektor.

“Jadi kita juga akan terlibat pada posko-posko yang disiapkan oleh pihak kepolisian selama mudik dan arus balik lebaran,” ungkapnya.

Ia menegaskan, setiap entitas kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit daerah ataupun lainnya menyiapkan fasilitas pendukung yang urgen seperti ambulance dan lainnya.

“Setiap puskesmas dan rumah sakit juga harus mengaktifkan 24 jam unit gawat darurat terutama ambulance,” pungkasnya.( Abu/B)

  • Bagikan