Jelang Mudik Lebaran 2024, Dinas PUPRP Wajo Tambal Jalan Berlubang

  • Bagikan
Dinas PUPRP Kabupaten Wajo melakukan pemeliharaan jalan jelang mudik lebaran 2024.

WAJO, RAKYATSULSEL - Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Wajo melakukan pemeliharaan jalan jelang mudik lebaran 2024. Berdasarkan pantauan, tampak jalan berlubang di sejumlah titik ditambal.

Kepala Dinas PUPRP Wajo, Andi Pameneri mengatakan saat ini beberapa ruas kabupaten dan jalan dalam kota dilakukan pemeliharaan.

"Sudah selesai penambalan di beberapa titik yakni Jl Rusa, Jl Macan dan lain sebagainya. Kecuali ruas di Jl Lembu, Beringin, A Magga Amirullah, A Macca, Irian, Padduppa itu belum sebab akan ada perbaikan permanen," kata Andi Pameneri, Selasa (2/4/2024).

Dijelaskan, pemeliharaan tersebut untuk mencegah dan meminimalisir tingkat kecelakaan jelang mudik dan lebaran.

"Khususnya di dalam kota. Mengingat Pasar Sentral Sengkang setiap tahunnya dipadati pembeli baik warga lokal maupun dari luar daerah sehingga hal itu dapat memberi kenyamanan bagi mereka saat berkunjung," ucapnya.

Adapun ruas jalan yang bakal dilewati para pemudik dalam kondisi baik. "Poros Impa-Impa Anabanua sudah dilakukan rekonstruksi oleh Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel tahun lalu dan Alhamdulillah sudah aman untuk dilalui pemudik, tapi beberapa ada yang rusak parah seperti di Maniangpajo dan kami sudah sampaikan ke Pemprov untuk segera ditindaklanjuti," sebutnya.

Tahun 2024, rekonstruksi, perbaikan dan pemeliharaan jalan dan jembatan dengan anggaran sekitar Rp50 miliar termasuk Dana Alokasi Khusus (DAK) akan dikerjakan.

"Ruas Paria-Tosora 3 km dan ruas Bulete 3km yang masing-masing anggarannya Rp10 miliar, selebihnya rekonstruksi dan pemeliharaan di 14 kecamatan se-Kabupaten Wajo," jelasnya.

Selanjutnya, juga akan dilakukan pekerjaan Program Inpres sekitar 9,7 km pada ruas Buriko- Belawae. "Anggarannya sekitar Rp53 miliar yang saat ini masih berproses di Balai," tandasnya. (Muis)

  • Bagikan