Figur NasDem Makin Dilirik di Pilwakot

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Politisi Partai NasDem menjadi primadona jelang Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar November 2024 mendatang.

Baru-baru ini, beredar simulasi enam pasangan di Pilwalkot Makassar berlabel NasDem. Seperti Fatmawati Rusdi, Rudianto Lallo, dan Andi Rachmatika Dewi.

Adapun simulasi paket yang beredar yakni Fatmawati Rusdi-dr Udin Saputra Malik; Andi Rachmatika Dewi-Munafri Arifuddin; Rusdin Abdullah-Munafri Arifuddin; Rudianto Lallo-Indira Jusuf Ismail.

Selanjutnya ada Andi Rachmatika Dewi-dr Udin Saputra Malik, dan Rusdin Abdullah-Andi Rachmatika Dewi. Sejumlah figur NasDem mencuat, mulai dari Fatmawati, Rudianto Lallo, dan Andi Rachmatika Dewi.

Bendahara Umum DPW Nasdem Sulsel, Muh Sadar, tidak membantah sepenuhnya simulasi yang beredar tersebut.

Menurut dia, Pilwalkot Makassar, semua kemungkinan bisa terjadi. “Di Makassar, NasDem sebagai pemenang. Apa yang beredar (simulasi) itu bisa saja ada yang terjadi. Politik itu dinamis,” katanya.

Begitu pun Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPW NasDem Sulsel, Mustaqim Musma saat dikonfirmasi. Simulasi yang beredar yang menonjolkan NasDem wajar, sebab NasDem sebagai partai pemenang di Makassar.

“Sejak awal kan Nasdem Makassar siapkan Ibu Fatmawati Rusdi untuk Pilwalkot. Surveinya paling tinggi dan hasil pileg lalu, ibu (Fatmawati) sebagai pemenang di Makassar,” bebernya.

Sementara Analis politik Unhas, Prof Sukri Tamma menilai, simulasi-simulasi pasangan Pilwalkot ini bukan nama yang baru. Sehingga, paling tidak semua sudah punya modal popularitas.

“Walaupun popularitas tidak tentu sejalan dengan elektabilitas, tetapi paling tidak sudah ada modal,” katanya.

Namun, untuk nama-nama tersebut, Sukri melihat, semuanya sudah punya basis partai. Seperti Fatmawati Rusdi dari NasDem yang lolos ke DPR RI. Tetapi, pertanyaannya apakah ia mau melepaskan DPR RI?. Jika dia maju, orang tentu akan mengingat saat menjadi wakil wali kota.

Meskipun begitu, dia punya basis dan dukungan politik yang luas. “Karena kita tahu dia adalah istri dari Rusdi Masse Mappasessu (Ketua NasDem Sulsel) dan NasDem juga menjadi pemenang di Makassar. Itu semua modal kuat Fatma,” kata Sukri.

Kemudian ada Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo. Hanya saja, pertanyaannya, apakah RL mau melepaskan kursi di DPR RI? Kecuali dia diperintahkan NasDem. “Termasuk Rachmatika Dewi atau Cicu,” ungkapnya.

Kemudian dr Udin Shaputra Malik dan Indira Yusuf Ismail dinilai sama peluangnya karena latar belakangnya. Keduanya pasti akan didukung Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. “Tentu ini modal dan sisa melihat siapa keduanya yang akan didorong karena tidak mungkin keduanya,” ujar Sukri.

Lalu, Ketua DPD II Partai Golkar Makassar, Munafri Arifuddin atau Appi. Dia politikus yang sudah sangat dikenal. “Kemudian Rusdin Abdullah atau Rudal yang selalu hadir sebagai calon. Tentu ia sudah dikenal juga,” bebernya. (*)

  • Bagikan