Jelajahi Kuliner Kota Solo! Berikut 5 Rekomendasi Kuliner Legendaris yang Wajib Dikunjungi

  • Bagikan
Sate Kere Yu Reb

RAKYATSULSEL - Kota Surakarta atau juga dikenal dengan nama Solo merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Kalau kamu mudik atau liburan ke Yogyakarta, Klaten, atau Karanganyar, tak ada salahnya untuk sekalian mampir ke Kota Solo

Salah satu yang tak boleh dilewatkan saat berada di Kota Solo yakni, mencicipi beragam wisata kuliner legendaris, yang siap memanjakan lidah.

Dilansir dari Surakarta.go,id, berikut adalah 5 rekomendasi tempat wisata kuliner legendaris di Kota Solo yang wajib untuk dikunjungi.

1. Timlo Sastro

Timlo merupakan salah satu makanan khas Solo. Makanan ini berisi potongan ati ampela ayam, sosis Solo, telur pindang, wortel, dan bahan pelengkap lainnya. Bahan-bahan tersebut disiram dengan kuah bening yang gurih rasanya.

Salah satu warung Timlo yang terkenal di Solo adalah Timlo Sastro yang punya dua lokasi. Pertama di Jl. Abdul Muis No. 32A dan kedua di Jl. Dr. Wahidin No. 30. Di Google Maps, rating Timlo Sastro mencapai lebih dari empat bintang dengan lebih dari 2.000 ulasan.

2. Warung Selat Mbak Lies

Selain Timlo, Kota Solo juga terkenal dengan kuliner Selat Solo. Salah satu warung selat yang terkenal di Solo adalah Warung Selat Mbak Lies yang telah berdiri sejak 1985 dan telah diulas lebih dari 7.000 kali di Google Maps. Kuliner legendaris ini beralamat di Jl. Yudhistira No.9, Kec. Serengan.

Warung Selat Mbak Lies menyajikan Selat Solo yang isinya terdiri dari berbagai jenis sayuran seperti wortel, kentang, buncis, dan selada yang dipadukan dengan protein berupa irisan daging sapi dan telur. Semua bahan itu disajikan dengan tambahan kuah yang manis nan gurih.

3. Tengkleng Klewer Bu Edi

Tengkleng merupakan olahan dari tulang kambing yang mirip dengan gulai dengan rasa gurih berempah dan sedikit pedas. Makanan ini dinamai tengkleng karena dulu masyarakat masih menggunakan piring berbahan seng. Apabila tulang-tulang tersebut ditaruh di piring maka akan menimbulkan suara “kleng... kleng....”

Tengkleng Klewer Bu Edi beralamat di Jl. DR. Radjiman, Kauman, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon. Kuliner legendaris ini sudah diulas lebih dari 1.700 kali di Google Maps.

4. Sate Kere Yu Rebi

Nama Sate Kere memang terdengar unik. Sedikit berbeda dari sate pada umumnya, Sate Kere terbuat dari tempe gembus yang berbahan dasar ampas tahu, kemudian ditusuk dan dibakar serta disajikan dengan bumbu kacang. Makanan ini juga bisa dinikmati dengan potongan lontong dan sambal serta acar.

Salah satu sate kere terkenal di Solo adalah Warung Sate Kere Yu Rebi yang lokasinya berada di belakang Stadion Sriwedari. Sate Kere yang telah buka sejak 1986 ini telah diulas lebih dari 1.100 kali di Google Maps.

5. Serabi Notosuman

Setelah menyantap kuliner yang gurih dan asin, saatnya menutup dengan yang manis-manis. Kota Solo juga terkenal dengan kuliner Serabi Notosuman, kudapan manis yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan. Saat ini Serabi Notosuman telah memiliki banyak cabang. (jp/raksul)

  • Bagikan