6 Manfaat Kaktus yang Luar Biasa Selain sebagai Tanaman Hias

  • Bagikan
Ilustrasi Tanaman Hias di Dalam Ruangan

RAKYATSULSEL - Selain memiliki bentuk yang unik, pohon satu ini memiliki daya tahan luar biasa, sehingga mudah untuk merawatnya.

Oleh sebab itu, kaktus menjadi salah satu tanaman hias yang direkomendasikan. Bukan hanya unik dan mudah perawatannya yang bisa dijadikan alasan memelihara kaktus, namun bermacam-macam manfaat dapat kamu dapatkan. Selain membantu membuat nyaman di rumah, tanaman berduri ini mampu memberikan dampak positif untuk diri kamu.

Dilansir dari cactusway.com selain memberikan energi positif di dalam rumah, terdapat beberapa alasan mengapa kaktus menjadi tanaman yang sangat baik dalam ruangan. Berikut enam manfaat yang menjadi alasannya.

  1. Mengurangi kadar stres

Sebuah penelitian pada tahun 2010 menyatakan bahwa tanaman dalam ruangan dapat mengurangi ketegangan, kecemasan, kelelahan, perasaan marah, hingga depresi. Oleh sebab itu, mempunyai tanaman kaktus di dalam rumah mampu mengurangi tingkat stres seseorang.

Dengan memiliki satu atau beberapa tanaman kaktus di dalam rumah, akan memberikan dampak baik bagi perasaan seseorang dalam menjalani hari.

Hal itu disebabkan kaktus mampu menjaga energi positif dan suasana yang baik di sekitar kamu sepanjang hari.

  1. Memberi rasa bahagia

Beberapa penelitian menyebutkan, tampilan kaktus yang lucu dan menarik disebut bisa membantu menghilangkan stres dan juga mengurangi depresi.

Sehingga kaktus di dalam ruangan dapat membawa perasaan lebih tenang, juga mampu meningkatkan mood. Tanaman kaktus yang diletakkan di dalam rumah juga mampu menjadi teman bagi setiap individunya.

Untuk itu, selain memberikan rasa nyaman juga membuat kita memiliki kepedulian dan empati terhadap makhluk di bumi.

Seorang dokter terkenal telah menemukan obat menyembuhkan persendian selamanya
Kemudian pada faktanya, apabila tanaman yang kita rawat berkembang dan hidup dengan baik, maka kita akan merasa baik saat melihatnya, bahkan muncul rasa bangga.

Oleh karena itu, merawat kaktus dengan baik mampu memberikan kebahagiaan secara tidak langsung.

  1. Meningkatkan kualitas udara

Pada dasarnya, tanaman hijau seperti kaktus menyerap karbondioksida yang dikeluarkan manusia dan melepaskan oksigen yang dihirup manusia. Oleh sebab itu, merawat tanaman menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas udara.

Selain menyerap karbondioksida, kaktus dapat mengurangi jumlah kotoran udara lebih dari 50 persen yang ada di dalam rumah. Tanaman ini juga mampu menurunkan jumlah debu dan penumpukan bakteri di dalam ruangan.

  1. Berfungsi sebagai terapi

Mempunyai tanaman kaktus di dalam rumah mampu membuat kita merasa santai dan nyaman. Banyak orang yang mengatakan, berbicara dengan tanaman yang dirawatnya membuat mereka merasa lebih baik.

Bahkan, dapat membantu seseorang keluar dari trauma yang dimilikinya. Hal itu disebabkan fokus mereka teralihkan, sehingga trauma dan stres yag dimiliki dapat tersalurkan melalui sarana merawat kaktus.

  1. Meningkatkan produktivitas

Karbondiokasi yang diserap oleh kaktus mampu meningkatkan produktivitas lebih dari 12 persen. Hal itu disebabkan jumlah karbondiokasida yang berlebihan di udara memicu lelah, gelisah, cemas, dan juga sakit kepala, sehingga membuat kurang produktif.

Kemudian, dengan mengontrol jumlah karbondioksida di dalam rumah, dapat menjernihkan pikiran dan membantu lebih fokus menjalankan aktivitas. Semakin produktif, kualitas perasaan kita juga lebih baik.

  1. Meningkatkan kualitas daya ingat

Sebuah studi psikologi yang dilakukan University of Michigan Amerika Serikat mengungkapkan bahwa berinteraksi dengan alam dapat menikmati manfaat mind-blowing, salah satunya meningkatkan daya ingat seseorang.

Untuk itu, memelihara tanaman kaktus di dalam rumah terutama diletakkan di ruang belajar atau tempat lainnya, menjadi ide bagus untuk meningkatkan kualitas kognitif seseorang.

Beberapa manfaat tersebut menjadi alasan yang tidak dapat diragukan untuk merawat tanaman jenis kaktus di dalam rumah. Selain menambah dekorasi ruangan, kaktus dapat membawa energi positif bagi penghuni rumah.

Namun, perhatikan juga posisi meletakkan tanaman kaktus di rumah. Tidak hanya karena memancarkan energi baik sehingga diposisikan di tempat yang tepat, namun duri pada tubuhnya juga perlu diwaspadai jika diletakkan di sembarang tempat. (jp/raksul)

  • Bagikan