Misteri 10 Intuitif yang Sangat Mencengangkan

  • Bagikan
Ilustrasi Seorang Intuitif (Na Jaemin NCT Dream)

RAKYATSULSEL - Intuisi sulit untuk didefinisikan meskipun perannya sangat besar dalam kehidupan kita sehari-hari. Steve Jobs menyebut hal itu, sesuatu yang lebih kuat dari kecerdasan.

Hampir semua orang pernah mengalami firasat perasaan tidak sadar yang mendorong kita melakukan sesuatu tanpa memberi tahu alasan atau caranya. Namun, sifat intuisi telah lama luput dari perhatian kita, dan telah mengilhami penelitian dan penyelidikan selama berabad-abad di bidang filsafat dan psikologi.

“Saya mendefinisikan intuisi sebagai pengetahuan halus tanpa mengetahui alasan Anda mengetahuinya,” ungkap Sophy Burnham, penulis buku terlaris The Art of Intuition. "Ini berbeda dengan berpikir, berbeda dengan logika atau analisis. Ini adalah mengetahui tanpa mengetahui," lanjutnya.

Pada dasarnya, intuisi kita selalu ada, disadari atau tidak. Seperti yang diungkapkan oleh mantan Presiden HuffPost dan Pemimpin Redaksi Arianna Huffington dalam bukunya Thrive: "Bahkan ketika kita tidak berada di persimpangan jalan, bertanya-tanya apa yang harus dilakukan dan mencoba mendengar suara hati itu, intuisi kita selalu ada, selalu membaca situasi, selalu berusaha mengarahkan kita ke arah yang benar," ucapnya.

Tapi bisakah kita mendengarnya? Apakah kita memperhatikan? Apakah kita menjalani kehidupan yang menjaga jalur menuju intuisi kita tidak terhalang Memelihara intuisi kita, dan menjalani kehidupan di mana kita dapat memanfaatkan kebijaksanaannya, adalah salah satu cara utama untuk berkembang, di tempat kerja dan dalam kehidupan.

Ilmu pengetahuan kognitif mulai mengungkap misteri kehadiran penalaran bawah sadar yang kuat namun terkadang tidak dapat dijelaskan dalam kehidupan dan pemikiran kita. Seringkali, hal itu dianggap tidak ilmiah karena hubungannya dengan psikis dan paranormal. Padahal, intuisi bukan sekadar omong kosong tentang "indra Spidey". Sebab, hal itu telah membantu pasukannya untuk membuat penilaian cepat selama pertempuran yang akhirnya menyelamatkan nyawa mereka.

“Ada semakin banyak bukti anekdotal, dikombinasikan dengan upaya penelitian yang solid, yang menunjukkan bahwa intuisi adalah aspek penting dalam cara kita sebagai manusia berinteraksi dengan lingkungan kita dan bagaimana, pada akhirnya, kita membuat banyak keputusan,” ucap Ivy Estabrooke, seorang manajer program di Kantor Penelitian Angkatan Laut, kepada New York Times pada 2012 .

Dilansir dari Huffpost.com, Kamis (4/4), berikut adalah 10 hal yang dilakukan secara berbeda oleh orang-orang yang terhubung dengan intuisi mereka.

  1. Mereka seringkali mendengarkan suara hati mereka

Hal nomor 1 yang membedakan orang-orang intuitif adalah mereka mendengarkan bimbingan intuisi dan firasat mereka, bukan mengabaikannya. “Setiap orang terhubung dengan intuisi mereka, namun beberapa orang tidak memperhatikannya sebagai intuisi,” kata Burnham.

"Saya belum pernah bertemu dengan pebisnis sukses yang tidak mengatakan, 'Saya tidak tahu mengapa saya melakukan itu, itu hanya firasat.'"

Untuk membuat keputusan terbaik, kita memerlukan keseimbangan intuisi - yang berfungsi menjembatani kesenjangan antara naluri dan penalaran - dan pemikiran rasional, menurut Francis Cholle, penulis The Intuitive Compass.

Namun, bias budaya yang tidak mengikuti naluri atau intuisi sering kali menyebabkan kita mengabaikan firasat kita, yang tanpa sadar dapat merugikan diri kita sendiri.

“Kita tidak harus menolak logika ilmiah untuk mendapatkan manfaat dari naluri,” kata Cholle. “Kita dapat menghormati dan menggunakan semua alat ini, dan kita dapat mencari keseimbangan. Dan dengan mencari keseimbangan ini, kita akhirnya akan membawa semua sumber daya otak kita ke dalam tindakan," imbuhnya.

  1. Mereka selalu membutuhkan waktu untuk menyendiri dalam hidupnya

Jika Anda ingin terhubung dengan intuisi Anda, sedikit waktu sendirian mungkin merupakan cara yang paling efektif. Sama seperti kesendirian dapat membantu memunculkan pemikiran kreatif, kesendirian juga dapat membantu kita terhubung dengan kebijaksanaan batin terdalam.

Orang yang intuitif sering kali bersifat introvert, menurut Burnham. Namun, apakah Anda seorang introvert atau tidak, meluangkan waktu untuk menyendiri dapat membantu Anda berpikir lebih dalam dan terhubung kembali dengan diri sendiri.

“Anda harus bisa memiliki sedikit kesendirian; sedikit keheningan,” katanya. "Di tengah kegilaan. Anda tidak dapat mengenali [intuisi] di tengah kebisingan kehidupan sehari-hari," imbuhnya.

  1. Mereka kreatif

“Kreativitas akan menghasilkan hasil terbaik jika berfungsi secara intuitif,” tulis peneliti dan penulis Carla Woolf .

Faktanya, orang-orang kreatif sangat intuitif, jelas Burnham. Dan, seperti halnya Anda dapat meningkatkan kreativitas melalui latihan, Anda juga dapat meningkatkan intuisi Anda. Faktanya, mempraktikkan yang satu dapat membangun yang lainnya.

  1. Mereka melatih diri untuk dapat memfokuskan perhatian

Meditasi dan praktik kesadaran lainnya bisa menjadi cara terbaik untuk memanfaatkan intuisi Anda. Seperti yang dijelaskan oleh Search Inside Yourself Leadership Institute, kehati-hatian dapat membantu Anda menyaring obrolan mental, mempertimbangkan pilihan Anda secara objektif, menyesuaikan dengan intuisi Anda, dan pada akhirnya membuat keputusan yang dapat Anda dukung sepenuhnya.

Perhatian penuh juga dapat menghubungkan Anda dengan intuisi Anda. Selain itu, hal itu juga dapat meningkatkan pengetahuan diri Anda pribadi.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Perspectives on Psychological Science menunjukkan bahwa mindfulness – yang didefinisikan sebagai “memperhatikan pengalaman seseorang saat ini dengan cara yang tidak menghakimi” – dapat membantu kita untuk lebih memahami kepribadian kita sendiri.

Dan seperti yang dicatat Arianna Huffington dalam Thrive , peningkatan intuisi, kasih sayang, kreativitas, dan kedamaian adalah efek samping yang luar biasa dari meditasi.

  1. Mereka mengamati segala hal

“Hal pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan, membuat jurnal kecil, dan memperhatikan ketika hal-hal aneh terjadi,” kata Burnham.

Anda akan mendapatkan pemahaman yang tajam tentang seberapa sering kebetulan, koneksi mengejutkan, dan intuisi langsung terjadi dalam kehidupan sehari-hari Anda, dengan kata lain, Anda akan mulai memanfaatkan intuisi Anda.

  1. Mereka mendengarkan setiap tanda dari tubuh mereka

Orang yang intuitif belajar menyesuaikan diri dengan tubuh mereka dan memperhatikan "firasat" mereka. Jika Anda pernah mulai merasa mual ketika Anda tahu ada sesuatu yang salah tetapi tidak tahu apa yang salah, Anda memahami bahwa intuisi dapat menimbulkan sensasi fisik dalam tubuh Anda seperti itu.

Perasaan kita disebut firasat karena suatu alasan penelitian menunjukkan bahwa emosi dan intuisi sangat berakar pada otak kedua, yakni di dalam usus.

  1. Mereka terhubung secara mendalam dengan orang lain

Membaca pikiran mungkin tampak seperti fantasi dan ilmu semu, tetapi sebenarnya itu adalah sesuatu yang kita lakukan setiap hari.

Ini disebut akurasi empatik, sebuah istilah dalam psikologi yang mengacu pada kemampuan yang tampaknya ajaib untuk memetakan medan mental seseorang dari kata-kata, emosi, dan bahasa tubuh menurut Psychology Today.

“Saat Anda melihat laba-laba merayapi kaki seseorang, Anda merasakan sensasi yang menyeramkan,” tulis Marcia Reynolds dalam Psychology Today.

Demikian pula, ketika Anda mengamati seseorang menjangkau seorang teman dan mereka diusir, otak Anda merasakan sensasi penolakan.

Ketika Anda menyaksikan tim Anda menang atau pasangan berpelukan di televisi, Anda merasakan emosi mereka seolah-olah Anda ada di sana. Sosial emosi seperti rasa bersalah, malu, bangga, malu, jijik dan nafsu semuanya bisa dialami dengan memperhatikan orang lain.

Menyesuaikan emosi Anda sendiri, dan meluangkan waktu untuk mengamati dan mendengarkan orang lain secara langsung dapat membantu meningkatkan kekuatan empati Anda, kata Reynolds .

  1. Mereka memperhatikan mimpi mereka

Burnham merekomendasikan untuk memperhatikan mimpi Anda sebagai cara untuk berhubungan dengan proses berpikir bawah sadar Anda. Baik mimpi maupun intuisi muncul dari alam bawah sadar, jadi Anda bisa mulai memanfaatkan bagian pikiran ini dengan memperhatikan mimpi Anda.

“Di malam hari, saat Anda bermimpi, Anda menerima informasi dari bagian bawah sadar atau intuitif otak Anda,” kata Burnham. "Jika Anda selaras dengan impian Anda, Anda bisa mendapatkan banyak informasi tentang bagaimana menjalani hidup Anda," imbuhnya.

  1. Mereka menikmati banyak waktu senggang

Ada beberapa hal yang dapat dengan mudah menghambat intuisi, seperti kesibukan yang terus-menerus, multitasking, konektivitas ke perangkat digital, serta stres dan kelelahan.

Menurut Huffington, kita selalu mempunyai perasaan intuitif terhadap orang-orang dalam kehidupan kita secara mendalam. “Kami selalu mendapat peringatan dari hati dan intuisi kami saat peringatan itu muncul. Tetapi kita sering kali terlalu sibuk untuk menyadarinya,"tulisnya di Thrive.

  1. Mereka dengan sadar melepaskan emosi negatif

Emosi yang kuat - terutama emosi negatif - dapat mengaburkan intuisi kita. Banyak di antara kita yang tahu bahwa kita merasa tidak enak badan atau merasa bukan diri kita sendiri ketika sedang kesal, dan itu mungkin karena kita tidak terhubung dengan intuisi kita.

“Saat Anda sangat tertekan, intuisi Anda mungkin gagal,” kata Burnham. "Ketika Anda sedang marah atau berada dalam keadaan emosional yang tinggi intuisi Anda [bisa] mengecewakan Anda sepenuhnya," imbuhnya.

Buktinya bukan hanya sekadar anekdot: Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menunjukkan bahwa berada dalam suasana hati yang positif meningkatkan kemampuan membuat penilaian intuitif dalam permainan kata. (jp/raksul)

  • Bagikan