Ternyata Begini Kebiasaan Orang Produktif setiap Hari

  • Bagikan
Ilustrasi Seorang yang Produktif (Na Jaemin NCT)

RAKYATSULSEL - Hal-hal produktivitas tentunya dapat membantu Anda mencapai semua impian terbesar Anda, terlebih jika Anda sudah mengetahui cara kerjanya.

Meskipun produktivitas tidak terdiri dari sejumlah nasihat yang 100% akan berhasil, namun kegiatan positif yang Anda lakukan menyembunyikan banyak hal ajaib yang harus Anda coba dan lakukan secara langsung.

Produktivitas adalah tentang mencari tahu apa yang terbaik untuk Anda.

Dilansir dari ideapod.com, Jumat (5/5), berikut 8 hal yang dilakukan orang-orang produktif sebelum tengah hari.

  1. Membutuhkan waktu setidaknya lima menit untuk bermeditasi atau diam sendirian

Mungkin terdengar aneh bahwa hal pertama yang dilakukan orang-orang produktif adalah sesuatu yang sangat tidak produktif.

Memang begitulah yang terlihat di mata masyarakat. Apa hebatnya memejamkan mata dan bermeditasi sebentar? Dimana nilainya? Kerja kerasnya? Keramaian dan kesibukan?

Berlawanan dengan anggapan umum, meluangkan waktu untuk memeriksa diri sendiri setiap pagi sebenarnya adalah salah satu tindakan paling berharga yang dapat Anda ambil.

Itu karena cara Anda memulai hari sering kali memengaruhi kemajuan hari itu. Jika Anda berupaya menciptakan rasa tenang di pagi hari, kemungkinan besar Anda akan lebih mudah menerapkan apa yang disebut “produktifitas sadar”.

Tidak seperti produktivitas yang terburu-buru, produktivitas yang penuh perhatian adalah tentang menangani tugas dengan fokus dan niat yang tenang. Ini tentang berada di saat ini, tidak terburu-buru, dan menciptakan keadaan mengalir.

Terlebih lagi, Forbes mengatakan mindfulness juga berpotensi meningkatkan kolaborasi, keterampilan kepemimpinan, dan pengambilan keputusan.

Jadi, aturan nomor satu adalah meluangkan sedikit waktu untuk diri sendiri setiap pagi. Itu bisa mengubah seluruh hari Anda.

  1. Menggerakkan tubuhnya

Latihan telah terbukti meningkatkan kinerja otak. Hal ini mungkin tidak mengejutkan – lagipula, hampir setiap artikel produktivitas menyebutkan aktivitas fisik pada suatu saat atau lainnya.

Olahraga akan membuat kita bersemangat. Apa yang membuat semangat mereka turun justru bukanlah karena mereka melakukan aktivitas fisik, melainkan kurangnya aktivitas fisik.

Kuncinya adalah mulailah bekerja segera setelah Anda selesai berolahraga. Usahakan untuk tidak duduk santai di antara dua aktivitas tersebut.

Saat Anda duduk di sofa dan mengambil buku atau beristirahat sejenak untuk melihat-lihat ponsel Anda selama “lima menit”, Anda sudah gagal.

  1. Memeriksa daftar tugas yang harus dilakukan untuk hari yang akan datang

Daftar tugas membuat segalanya jadi mudah. Sehingga, sebagian besar orang produktif pasti akan menyukainya.

Daftar tugas membuat Anda tetap pada jalurnya. Ini membantu Anda mengatasi semua tugas penting dengan memberikan dorongan dopamin setiap kali Anda menandai sesuatu. Ini menawarkan struktur.

Dan bahkan jika Anda tidak berhasil menyelesaikan seluruh daftarnya, ini tetap merupakan alat yang berguna untuk membantu Anda menavigasi hari Anda.

  1. Mengerjakan Tugas Tersulit

Kita semua mempunyai tugas-tugas yang kita takuti, tugas-tugas yang lebih baik kita lewati karena tugas-tugas tersebut tampak begitu besar dan membebani. Sehingga, kita membeku dalam ketakutan.

Namun, semakin kita menunda-nunda, hal tersebut akan semakin menakutkan, membayangi kepala kita seperti bayangan yang akan menelan kita sepenuhnya.

Lucu sekali saat Anda duduk untuk benar-benar melakukannya, Anda segera menyadari bahwa aktivitas itu sendiri tidak seseram gagasannya. Segalanya lebih sulit di kepala Anda.

Inilah sebabnya mengapa banyak orang produktif memakan katak sebelum tengah hari. Segera setelah tugas tersulit dalam daftar tugas mereka selesai, mereka merasa sangat lega, dan terlebih lagi, semua tugas mereka yang lain terlihat mudah jika dibandingkan.

  1. Membatasi semua gangguan

Di zaman sekarang ini, sangat sulit untuk tetap fokus – selalu ada ponsel untuk menemani Anda ketika Anda ingin menunda-nunda, rekan kerja untuk diajak ngobrol ketika hari kerja terasa panjang, atau TV dan iklan untuk ditonton saat Anda sedang sibuk. Anda melirik dari laptop Anda.

Jika memungkinkan, cobalah untuk membatasi gangguan ini seminimal mungkin. ketika Anda sedang bekerja, jangan menggunakan ponsel Anda jika Anda bisa membantu.

Anda mungkin menghabiskan dua jam untuk berkirim pesan dengan teman Anda, dan ketika percakapannya akhirnya selesai, Anda pasti akan merasa tidak ingin menulis lagi karena motivasi Anda sudah terputus karena gangguan itu.

  1. Mengambil istirahat yang produktif

Tentu saja, Anda tidak harus bekerja tanpa henti. Istirahat bisa jadi salah satu cara untuk menjadikan Anda sangat produktif, terutama karena banyak orang hanya dapat fokus dengan baik selama sekitar lima belas hingga dua puluh menit.

Namun, sangat penting bagi Anda untuk mengambil waktu istirahat yang produktif, bukan justru merusaknya. Menggulir ponsel Anda selama setengah jam? Itu tidak akan membantu Anda lebih fokus ketika Anda akhirnya kembali bekerja.

Terlebih lagi, hal ini mungkin membuat pekerjaan Anda tampak jauh lebih sulit dibandingkan, sehingga mengganggu kelancaran pengerjaan tugas Anda.

Cobalah berjalan-jalan sebentar, melakukan sedikit yoga, mengobrol sebentar dengan rekan kerja sambil membuat kopi, atau melakukan jumping jack.

Anda juga dapat mencoba menangani beberapa tugas admin yang berhubungan dengan pekerjaan. Ini akan membantu Anda beristirahat dari tugas-tugas sulit dengan fokus tinggi, tetapi Anda juga akan tetap berada dalam mode kerja.

  1. Bersiap-siap untuk menjalani sore hari

Saat tengah hari akhirnya tiba, Anda mungkin akan merasa berhasil karena telah melakukan begitu banyak hal, dan terlebih lagi, Anda merasa siap untuk fokus pada tugas-tugas sore Anda yang biasanya terdiri dari beberapa pekerjaan lagi, berolahraga, dan proyek-proyek lain yang telah Anda selesaikan.

Jika Anda tidak mengatur hari-hari Anda sama sekali, pagi hari Anda dapat dengan mudah berubah menjadi sore hari yang berubah menjadi malam hari. Sebelum Anda menyadarinya, sepanjang hari telah berlalu, dan hanya sedikit yang bisa Anda tunjukkan.

Bersikaplah spesifik tentang tujuan Anda hari itu. Dan setelah tugas pagi Anda selesai, bersiaplah untuk menerima semua yang ditawarkan sore hari.

  1. Mereka mendengarkan tubuh mereka

Jangan berpikir bahwa hanya karena banyak orang produktif yang mengerjakan daftar tugas mereka pada siang hari, secara otomatis berarti mereka yang suka tidur malam adalah orang yang malas.

Faktanya, salah satu ciri khas orang yang benar-benar produktif adalah mereka sangat mengenal diri mereka sendiri.

Mereka akan dengan mudah mendengarkan dan memahami reaksi tubuh Anda saat merasa lelah dan Anda mungkin harus segera tidur. Tidur lebih awal juga merupakan hal yang baik untuk kesehatan. (jp/raksul)

  • Bagikan