Lurah Sarira Ajak Warganya Manfaatkan Lahan Pekarangan Rumah

  • Bagikan
Pembagian bibit tanaman di Kelurahan Sarira

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL - Thomas Kala' Padang, Lurah Sarira di Kecamatan Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja, aktif mengajak warganya untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong guna meningkatkan perekonomian keluarga dan menghemat pengeluaran rumah tangga.

Dalam upaya ini, Thomas Kala' Padang menjelaskan kepada media saat kegiatan pembagian bibit sayuran kepada warga, bahwa pemanfaatan lahan pekarangan sudah dilakukan beberapa tahun belakangan.

Program ini merupakan tindak lanjut dari program bupati Tana Toraja yang menggalakkan pemanfaatan lahan pekarangan untuk menanami tanaman sayur, yang selain dapat menghemat pengeluaran juga baik untuk kesehatan karena menggunakan pupuk organik.

"Kami terus mengedukasi warga melalui dasawisma di Sarira untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong, dan program ini sudah berjalan beberapa tahun terakhir," ungkap Thomas.

Program ini melibatkan 48 dasawisma di empat lingkungan yang ada di Sarira. Setiap dasawisma menerima bibit sayuran dan menanamnya bersama-sama di satu tempat sesuai kesepakatan, dan hasil panen dibagi-bagikan kepada anggota dasawisma.

Thomas berharap agar warga dapat memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam sayuran guna membantu perekonomian keluarga. Dia juga mendorong kerja sama antar dasawisma dalam menjalankan program ini.

Salah satu anggota dasawisma, Sarce, menyampaikan apresiasi atas program tersebut. Mereka telah beberapa kali menerima bibit sayuran dan hasilnya dibagi bersama anggota kelompok. Sarce menyatakan rasa terima kasih kepada pemerintah atas bantuan bibit sayuran tersebut, yang membantu menghemat pengeluaran dan berharap program ini dapat berkelanjutan. (Cherly)

  • Bagikan