204 Dosen Baru UMI Ikuti Pembekalan Visi Misi dan Pengenalan Kampus

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sebanyak 204 orang dosen baru Universitas Muslim Indonesia (UMI) tahun 2024. Mereka mengikuti orientasi atau pengenalan serta pendalaman visi-misi UMI, Senin 22 April 2024 di Gedung Fakultas Kedokteran UMI.

Ketua panitia yang juga Wakil Rektor I UMI, Dr. Ir. Hanafi Ashad mengtakan orientasi dosen baru UMI ini diikuti 402 orang. Kegiatan mulai sejak tanggal 22 sampai 25 April 2024.

Menurutnya, tujuanya tidak lain adalah pengenalan tentang visi dan misi UMI serta tujuan ke UMI-an guna menjadi bekal bagi dosen baru UMI.

"Total 204 orang di 15 Fakultas dan 45 program studi. Materi orientasi mencakup semua kebutuhan dan pembekalan  hak dosen. Serta materi komitmen ke UMI-an," singkatnya.

Sedangkan Rektor UMI, Prof. Dr. Sufirman Rahman mengatakan, tujuan dari orientasi ini adalah untuk menguatkan pemahaman kepada calon dosen tentang hak dan kewajiban dari pegawai atau dosen di UMI.

"Orentasi atau pengenalan, bagaimana mendapatkan gambaran tentang UMI baik secara keseluruhan dan bagian-bagian. Maka perlu dipahami materi selama orientasi," katanya.

"Calon dosen dituntut memahami visi-misi UMI. Maka harus memahami visi dan misi UMI dengan baik. Diharapkan memahami visi dan midi UMI. Katena dalam pokok pembahasan kita penguatam dan implentasi visi UMI," ungkapnya.

Mantan Direktur PPs UMI itu menuturkan, profesi dosen adalah profesioanl. Maka dituntut untuk terus meningkatkan pembelajaran. Kewajiban seorang dosen adalah melakukan tri dharma perguruan tinggi, yakni pembelajaran, penelitian dan pengabdian.

"Menjadi dosen di UMI merupakan hak seseorang memilih profesi dan menjalankan tugas. Ketika memilih UMI untuk profesi dosen no 14 tahun 2005. Dijelalaskan dosen profesi pendidik dan keilmuan, tugas pokok mentranformasikan dan menyebarluarkan ilmu kaitan pendidikan, pengajaran dan pengabdian pada masyarakat " tukasnya. (Yadi/A)

  • Bagikan