Berikut 4 Destinasi Wisata Kebun Binatang di Jawa Barat

  • Bagikan
Ilustrasi: Taman Safari Indonesia Bogor

RAKYATSULSEL - Berlibur saat akhir pekan bersama anggota keluarga dan buah hati ke kebun binatang merupakan solusi yang tepat. Tidak hanya memberikan kesenangan, tetapi juga memberikan pengalaman edukatif yang tak ternilai bagi anak-anak.

Jawa Barat, dengan keindahan alamnya yang memikat, dalam wilayah provinsi ini juga menawarkan sejumlah kebun binatang yang tak kalah menarik. Anda bisa mulai memperkenalkan jenis-jenis reptil hingga hewan-hewan endemik ke anak Anda saat berkunjung ke kebun binatang dengan cara yang menyenangkan dan tidak membuat anak cepat bosan.

Dengan mengunjungi tempat destinasi wisata kebun binatang ini, Anda akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan, dan melalui kunjungan ke kebun binatang juga dapat mendidik dan menghibur anak - anak. Berikut adalah empat destinasi wisata kebun binatang di Jawa Barat yang tidak hanya menjadi tempat rekreasi semata, tetapi juga sarana belajar yang menyenangkan bagi anak-anak.

1. Lembang Park & Zoo

Terletak di ketinggian di daerah Lembang, Bandung, Lembang Park & Zoo menyuguhkan pengalaman yang menyenangkan bagi masing masing pengunjung. Dengan luasnya kawasan kebun binatang ini, terdapat beragam hewan mulai dari reptil, aves, dan beberapa jenis mamalia yang menawan, karena hewan-hewan di Lembang Park & Zoo dirawat dengan sungguh-sungguh.

Anda dapat berkeliling kebun binatang ini sambil menikmati udara segar dan sejuk khas daerah Lembang, Bandung. Selain itu, bentuk bangunan dalam kawasan kebun binatang ini juga tidak terlihat membosankan sehingga membuat kunjungan ke Lembang Park & Zoo menjadi tak terlupakan bagi semua kalangan, mulai dari anak-anak dan juga orang dewasa.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Maps: https://maps.app.goo.gl/fLAFnJh3Vxtuuqvq8

2. Taman Safari Indonesia Bogor

Terkenal sebagai salah satu taman safari terbaik di Asia, Taman Safari Indonesia Bogor menawarkan pengalaman safari yang mendebarkan tanpa perlu meninggalkan kenyamanan mobil Anda.

Namun, jika anda tidak memiliki mobil pribadi, tak perlu khawatir karena di Taman Safari ini tersedia shuttle bus yang siap menemani anda berkeliling. Dengan konsep drive-thru yang memungkinkan pengunjung berinteraksi langsung dengan berbagai satwa liar dari dalam mobil seperti memberi snack atau makanan yang sesuai dengan instruksi pada loket tiket masuk, termasuk juga melihat panda dan hewan buas secara langsung bak di alam bebas.

Pengalaman ini akan memberikan kesan yang tak terlupakan terutama di benak anak-anak. Selain itu, taman safari ini juga menampilkan pertunjukan hewan-hewan dengan menarik dan kegiatan edukatif lainnya yang akan menambah pengalaman dan wawasan pengunjung

Lokasi: Jalan Kapten Harun Kabir No.724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750

Maps: https://maps.app.goo.gl/TGHVAyVSX41viPiBA

3. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung telah lama menjadi salah satu destinasi wisata favorit di kota ini, menawarkan pengalaman berkunjung dengan memadukan hiburan dan edukasi. Dengan konsep jarak antara binatang dan pengunjung yang dibuat se natural mungkin sehingga para pengunjung akan merasa dapat melihat satwa dari dekat. Kebun Binatang Bandung memiliki tempat yang lumayan luas dengan hewan yang cukup komplit dan terawat.

Terletak di Kota Bandung, kebun binatang ini di buat menyerupai hutan supaya dapat menyesuaikan, menjadi “rumah” bagi berbagai spesies satwa, termasuk satwa endemik di Indonesia. Dengan fasilitas yang terbilang cukup terawat dengan baik dan beragam atraksi pertunjukan, Kebun Binatang Bandung menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan bagi seluruh anggota keluarga.

Lokasi: Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Maps: https://maps.app.goo.gl/fzPLjcAAQw9uZ7g28

4. Bird And Bromelia Pavilion

Bird And Bromelia Pavilion menawarkan pengalaman unik karena pengunjung dapat bermain dan berinteraksi secara langsung dengan burung – burung disini, contohnya seperti memberi makan. Bird Paviliun ini menampilkan beragam spesies burung mulai dari kaka tua hingga burung merak, sambil dikelilingi oleh pepohonan rindang yang membuat udara menjadi sejuk. Ternyata dalam tempat ini tidak sebatas hanya terdapat burung-burung saja, tetapi di tempat ini juga terdapat kelinci, kalkun, marmut, berang-berang, dan lainnya.

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang asri sambil belajar tentang kehidupan burung, hal ini akan menambah pengetahuan dan wawasan baru untuk anak. Dengan suasana yang tenang dan tidak terlalu ramai, serta pemandangan yang menakjubkan, Bird And Bromelia Pavilion menjadi tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kota dan menikmati liburan yang edukatif bersama keluarga, terutama jika anda pengoleksi atau pecinta burung.

Lokasi: Jl. Akaza Utama No.9, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Maps: https://maps.app.goo.gl/CHWgfsWsprpGsd3v7


Deretan destinasi wisata ini mempersembahkan lebih dari sekadar hiburan semata; mereka menawarkan insight tentang keanekaragaman hayati yang dapat menimbulkan kepedulian terhadap konservasi alam.

Sebagai destinasi wisata liburan keluarga yang edukatif, kebun binatang di Jawa Barat tidak hanya sebatas memberikan pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga dapat menggugah rasa ingin tahu dan minat anak-anak lebih lanjut terhadap dunia hewan. (jp/raksul)

  • Bagikan