Listrik Tanpa Kedip Sukses Kawal Kunker Presiden RI di Sulbar

  • Bagikan
Petugas PLN tengah bersiaga dalam rangka pengamanan pasokan listrik Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia di Kabupaten Mamuju 22-23 April 2024 lalu

MAMUJU, RAKYATSULSEL - PT PLN (Persero) turut menyukseskan agenda kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan menghadirkan listrik andal tanpa kedip di Sulawesi Barat pada 22- 23 April 2024 lalu.

Hal tersebut dilakukan lewat pasokan listrik berlapis hingga ratusan personel siaga membuat agenda kenegaraan tersebut berlangsung lancar tanpa gangguan. Ini merupakan bentuk komitmen PLN dalam mendukung setiap agenda kunjungan Presiden Republik Indonesia di tanah air.

Perwakilan Tim Sarpras Biro Umum Istana Kepresidenan, Agil Saputro turut mengapresiasi upaya yang dilakukan PLN dalam mengamankan pasokan listrik selama kunjungan Presiden di Sulawesi Barat.

"Saya mewakili Tim Sarpras mengucapkan terima kasih atas dukungan, pikiran dan tenaga yang telah dikerahkan teman-teman PLN sehingga kunjungan Presiden di Sulawesi Barat dapat aman dan lacar," ujar Agil.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin menjelaskan penyediaan pasokan listrik yang prima merupakan bentuk komitmen agar agenda kenegaraan dapat berlangsung optimal.

“Kami memastikan akan menjaga keandalan pasokan listrik baik di sisi pembangkit, transmisi maupun distribusi sebagai salah satu hal utama yang membuat agenda berlangsung dengan baik,” ujar Andy.

Andy mencatat PLN menerjunkan 302 petugas untuk memastikan pasokan listrik aman di 14 lokasi selama agenda berlangsung.

"Untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik, PLN juga memaksimalkan skema pengamanan penyulang berlapis di lokasi acara sebagai back up keandalan jaringan distribusi agar acara kenegaraan dapat berlangsung dengan lancar dan aman," tutur Andy.

Di sisi pasokan distribusi, PLN menyiagakan 10 buah genset dengan total daya sebesar 385 kilo Volt Ampere (kVA), 12 Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan daya 232 kVA. "Skema pengaturan sistem pada instalasi listrik di lokasi acara juga sudah dilakukan simulasi sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang berlaku dan dikoordinasikan bersama Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres)," kata Andy.

“Suplai listrik yang tersedia perlu kami amankan juga lewat sistem back up kelistrikan dari genset dan UPS agar menjamin dan meminimalisir tidak terjadinya potensi gangguan pada acara bersama Bapak Presiden RI. Pola pengamanan pasokan listriknya sudah kami siapkan secara sistematis,” tambah Andy. (Hikmah/A)

  • Bagikan