Pengelola BUMDes Gowa Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas

  • Bagikan
Pj Sekda Gowa, Abd Karim Dania (tengah) didampingi Kadis PMD, Muh Basir di sela-sela acara pembukaan Bimtek.(Foto : Muchtar Suma/Rakyat Sulsel)

GOWA, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kabupaten Gowa, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas bagi pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Hotel Grand Imawan, Makassar.

Bimtek yang digelar selama dua hari, Rabu hingga Kamis (24-25/4/2024), dan dibuka oleh Pj Sekda Gowa, H Abd Karim Dania.

Abd Karim Dania dalam sambutannya mengajak para peserta untuk aktif mengikuti setiap sesi agar mendapatkan bekal yang berguna bagi pengelolaan BUMDes di desa masing-masing.

"Saya mengharapkan seluruh peserta Bimtek ini bersungguh-sungguh dalam menyerap materi-materi yang diberikan agar bisa diterapkan dengan baik," ujarnya.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Gowa, Muh Basir, menjelaskan bahwa BUMDes merupakan aset penting bagi setiap desa yang harus dikelola secara efektif guna memberikan manfaat dan keuntungan bagi masyarakat setempat.

"Peningkatan kapasitas ini merupakan upaya untuk meningkatkan pendapatan desa yang pada akhirnya akan berdampak positif pada Pendapatan Asli Desa (PAD)," katanya kepada peserta.

Pelatihan ini diikuti oleh para kepala desa dari 121 desa di Kabupaten Gowa, yang menunjukkan antusiasme mereka dalam mengembangkan BUMDes sebagai salah satu instrumen penting dalam memajukan perekonomian desa. (Mst)

  • Bagikan