Progres Pembangunan Makassar Government Center: Tahap I Rampung, Tahap II Siap Dieksekusi

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto saat meninjau progres pembangunan gedung Makassar Government Center, beberapa waktu lalu.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pembangunan gedung Makassar Government Center (MGC) tahap 1 telah rampung untuk tiga lantai pertama.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto telah memantau progres pembangunan gedung tersebut pada Minggu (7/7/2024) lalu.

Danny Pomanto mengatakan bahwa beberapa lantai yang telah selesai hanya menunggu pengisian perabot atau meubelair.

"Sudah selesai sebulan yang lalu saat saya melakukan pemeriksaan terakhir. Saya juga telah mengunjungi lokasi pada hari Minggu lalu. Semuanya terlihat bagus, hanya perlu dilengkapi dengan perabotan," ucap Danny saat ditemui di kediamannya, di Jalan Amirullah, Rabu (10/7/2024).

Danny memerintahkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mempersiapkan penggunaan lantai 7 sebagai Makassar Virtual Economic Center (Marvec).

Marvec akan berfungsi sebagai pusat data yang mencakup semua informasi terkait Kota Makassar, termasuk data terkait UMKM.

"Khusus untuk Marvec, ruangan ini sudah siap fungsikan. Semua infrastruktur seperti listrik dan lainnya sudah tersedia. Namun, untuk PTSP, belum semua perabotan dan kantor serta peralatan lainnya seperti LED telah dipasang," jelas Danny.

Saat ini, Danny sedang menunggu dimulainya pembangunan tahap kedua MGC yang akan meliputi lima lantai beserta rooftop.

Danny berharap agar gedung ini dapat diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo saat kunjungan kerjanya berikutnya ke Sulawesi Selatan.

"Saya sudah melaporkan hal ini kepada Gubernur. Saat Presiden melakukan kunjungan kerja ke daerah-daerah sebelumnya, beliau belum sempat singgah di Makassar," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Suhaelsi Zubir, menyatakan bahwa dokumen untuk tahap kedua pembangunan MGC masih dalam tahap persiapan.

Proyek ini, yang memiliki anggaran mencapai ratusan miliar rupiah, diharapkan dapat diselesaikan pada tahun ini. Dinas PU juga telah menambahkan anggaran sebesar Rp90 miliar untuk menyelesaikan interior dan instalasi gedung.

"Saat ini kami sedang menyiapkan dokumen untuk proses lelang. Kami sudah mempersiapkan semua kebutuhan interior untuk seluruh lantai gedung, termasuk instalasi mekanikal dan elektrikal yang sudah siap dipasang. Tahap 1 sudah memiliki instalasi yang hampir selesai, yang tinggal dipasang," jelasnya.

Gedung ini nantinya akan berfungsi sebagai pusat pelayanan publik, di mana seluruh layanan perizinan akan terpusat di satu tempat.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM PTSP) Kota Makassar, Helmy Budiman, menyatakan bahwa fasilitas di MGC akan didesain untuk memfasilitasi akses bagi disabilitas.

Selain itu, MGC juga akan memiliki balai nikah. Gedung ini akan menjadi pusat kegiatan lintas sektor, pengelolaan perizinan, serta mendorong kemudahan dalam berinvestasi.

MGC sendiri direncanakan memiliki delapan lantai. Selain sebagai pusat pelayanan publik, gedung ini juga akan menampung beberapa kantor OPD, Galeri, Marvec, War Room, hingga rooftop. (Yadi/A)

  • Bagikan