Lestarikan Bahasa Daerah, Kamus Digital Bahasa Makassar dan Program Kamus Masuk Sekolah Resmi di Launching 

  • Bagikan
Peluncuran kamus digital bahasa Makassar dan Program kamus masuk sekolah.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Platform digital berbasis budaya dan komunikasi Inovatif, BASAsulsel Wiki menggandeng Balai Bahasa Provinsi (BBP) Sulawesi Selatan melaunching kamus digital bahasa Makassar dan Program kamus masuk sekolah.

Launching kamus digital bahasa Makassar dan dan Program kamus masuk sekolah ini dilaksanakan dalam rangka hari anak nasional.

Manager BASAsulsel Wiki, Ita Masita Ibnu menjelaskan, kehadiran kedua produk digital ini bertujuan untuk melestarikan bahasa. Khusus kamus digital bahasa Makassar disajikan dengan tiga bahasa yakni bahasa Makassar, Indonesia dan Inggris.

"Diharapkan kamus ini bisa hidup karena masyarakat.Kami berharap Kamus digital ini bisa merawat bahasa daerah dengan  melibatkan anak muda," ujar Ita salam sambutannya, Selasa (23/7/2024).

Sejalan dengan itu, Kepala Balai Bahasa Sulsel, Ganjar Harimansyah mengatakan saat ini pihaknya  telah melakukan pemetaan bahasa dengan total 718 bahasa yang terdeteksi di Indonesia dan ratusan bahasa belum terdeteksi. Menarik meski telah terdeteksi, banyak bahasa yang dalam keadaan rentan dan hampir punah. 

"Saat ini ada 74 bahasa yang telah diukur vitalitasnya dan ada beberapa yang telah punah. Bagaimana  bisa mendeteksi sebuah bahasa dikatakan punah adalah ketika generasi muda sudah tidak ada yang menggunakan bahasa daerah meski untuk percakapan sehari-hari di rumah," jelasnya. 

Ganjar menjelaskan kamus digital bahasa Makassar ini akan tersu di kembangkan, dimana awalnya berbentuk cetak kemudian dibuat digital. Yang akan di digitalkan adalah hasil revisi dari pakar bahasa dimana ada ribuan lema.

"Bahasa standar yang ada di Makassar tentunya sudah masuk di kamus, namun kami terus mengembangkan dan memperbaiki lema-lemanya," jelasnya.

Konsultan Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Christopher Green mengatakan bentuk support negaranya terhadap pengembangan kamus digital bahasa Makassar dan program kamus masuk sekolah ini berupa dana khusus dari Amerika.

"Indonesia dan Amerika merayakan 75 tahun hubungan diplomatik. Senang sekali bisa mewakili Amerika mendukung  pelestarian budaya di Sulawesi Selatan. 

Bahasa bukan cuma alat tetapi  kunci menjalankan hubungan dengan masyarakat, menyampaikan ide dan menyelesaikan konflik," pungkasnya.

Saat ini, kamus digital bahasa Makassar dan Program kamus masuk sekolah sudah bisa diakses melalui basasulselwiki.org. (Hikmah/B)

  • Bagikan