Dokter Jantung RS Andi Makkasau Bagi Tips Puasa Aman Bagi Penderita Jantung

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL — Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSUD Andi Makkasau, dr Asni Mustafa, memberikan beberapa tips puasa bagi penderita Jantung.

Menurut dia, menunaikan ibadah puasa bagi penderita jantung bisa dilakukan, hanya saja terlebih dahulu dilihat kondisi penderita, dan rutin melakukan konsultasi ke dokter.

“Puasa bagi penderita jantung boleh saja, tapi tetap konsultasi dengan dokter. Agar bisa diketahui bagaimana kondisinya,apakah stabil atau tidak,” kata dia.

Menurut dr Asni Mustafa, ada beberapa kondisi yang disarankan agar tidak berpuasa, seperti saat mengalami jantung nyeri dada, sesak nafas, dan gangguan irama jantung yang tidak stabil.

“Namun jika berpuasa, penderita jantung disarankan tidak melakukan aktivitas fisik yang berat. Jika muncul gejala, maka segera konsultasikan dengan dokter,” ungkapnya.

Penderita jantung saat puasa, lanjut dia, disarankan minum air putih dengan kadar 5-6 gelas setiap hari, dengan ukuran 150-200 cc. Ada aturan konsumsi obat, nutri, dan batasi makanan, utamanya menjaga makanan kadar lemak tinggi seperti gorengan dan santan. (*)

  • Bagikan