AYP Sumbang Kelurahan Apala Dua Unit PJUTS, Segini Nilainya

  • Bagikan

BONE, RAKYATSULSEL - Anggota DPR RI dari Fraksi PAN, Hj Andi Yuliana Paris (AYP) menyumbang dua (2) unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) Kelurahan Apala Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, beberapa waktu lalu.

Dua unit PJUTS tersebut masing-masing didirikan di Lingkungan Waru dan Lingkungan Apala Kelurahan Apala. PJUTS tersebut sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pengguna jalan, khususnya masyarakat atau warga Kelurahan Apala.

Salah seorang Tim AYP di Kabupaten Bone, Hasanuddin mengatakan bahwa satu (1) unit PJUTS senilai Rp.20 juta, jadi kalau 2 unit senilai Rp.40 juta.

"Semoga PJUTS yang disumbangkan oleh Hj Andi Yuliana Paris (AYP) bermanfaat bagi masyarakat. Ini adalah sumbangsih dan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian AYP buat masyarakat, khususnya masyarakat pengguna jalan dan terkhusus lagi masyarakat Kelurahan Apala," ujar Hasanuddin yang akrab dipanggil Pak Dosen Hasan.

Ia menjelaskan juga bahwa PJUTS tersebut menggunakan baterai yang diisi dari sinar matahari sebagai sumber energinya.

Sementara itu, Lurah Apala, Sainal Abidin mengakui bahwa sumbangan PJUTS dari AYP merupakan permintaannya secara langsung ke AYP dan PJUTS tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat Kelurahan Apala, sebab posisi titik berdirinya PJUTS tersebut sangat strategis.

"Kini masyarakat Kelurahan Apala, khususnya di Lingkungan Waru dan Lingkungan Apala sudah merasakan manfaat sumbangsih AYP. Bahkan kami sangat mengapresiasi dan tentunya sangat berterima kasih, apalagi PJUTS tersebut merupakan permintaan saya ke AYP," ujar Sainal.

Selain sumbangsih dari AYP, adapula sumbangsih bohlam/balon lampu jalan di dua (2) lingkungan di Kelurahan Apala, yakni Lingkungan Matekko dan Lingkungan Amessangeng dari anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, H Syahrir dari Fraksi Demokrat.

Di dua lingkungan tersebut H Syahrir menyumbang lima belas (15) buah balon lampu. Selain itu, adapula sumbangan bohlam lampu dari masyarakat Kelurahan Apala itu sendiri.

Meski demikian, masih ada beberapa lingkungan di Kelurahan Apala yang tidak menikmati penerangan lampu jalan, sebab sebagian besar bohlam/balon lampu jalan yang ada di sejumlah lingkungan tersebut, sudah tidak menyala lagi (mati).

Adapun lingkungan di Kelurahan Apala yang belum menikmati fasilitas penerangan lampu jalan yakni Lingkungan Gattareng, sebagian besar juga di Lingkungan Apala dan Lingkungan Waru.

"Alhamdulillah dua lingkungan di Kelurahan Apala (Matekko dan Amessangeng) sudah sedikit bercahaya, sangat berbeda di Lingkungan Waru, Apala dan Lingkungan Gattareng," ujar Sainal.

Ia juga mengakui bahwa, PJUTS yang disumbangkan AYP dipasang langsung oleh Tim AYP. Sementara bohlam lampu sumbangan H Syahrir dan masyarakat, dipasang oleh UPT Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Perhubungan Kabupaten Bone. (Enal)

  • Bagikan