PT NMI Indonesia Gelar Seminar Teknologi

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - PT Nusantara Media Informatika menggelar seminar teknologi dengan tema "Peran Digital Twin Dalam Metaverse Bagi Dunia Usaha Untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan" yang berlangsung di Hotel MaxOne Makassar, Rabu (28/9/2022).

Kegiatan seminar ini turut dihadiri dan sekaligus menjadi pemateri yakni Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Denny Hidayat, Reality Capture Product Manager Leica Geosystems  Alvitrisno Amini, Spesialis Produk Geomatika Leica Geosystems  Indonesia Dimas Ardian, PT.  Nusantara Media Aditya Arie Wibowo.

Seminar teknologi ini  menggandeng perusahaan asal Jerman bernama Leica, khususnya Leica Geometic.  Leica geomatic merupakan produk dengan peralatan-peralatan yang digunakan untuk pengukuran tanah dan GPS. Dimana, produk tersebut dapat menunjang keberadaan digital twin.

Pada kegiatan ini juga, Leica memperkenalkan produk-produk yang dapat menunjang pekerjaan instruksi diantaranya Leica Flexline TS03/TS07/TS10, Leica iCon gps 70 series.

Direktur PT Nusantara Media Informatika Widodo mengungkapkan seminar teknologi ini untuk memperlihatkan  bagaimana sebuah teknologi digital dapat bekerja untuk sebuah konstruksi.

Di mana, teknologi pada produk tersebut dapat mendeteksi daerah-daerah yang rawan, seperti salah satunya banjir. Sehingga masyarakat dapat cepat melakukan langkah-langkah pencegahan.  Dan alat tersebut juga dapat terkoneksi langsung ke masyarakat.

"Saya kira ini adalah seminar yang update terkait dengan produk Leica bagaimana solusinya terkait dengan untuk konstruksi.  jadi solusinya juga ada WJS nantinya kedepannya bisa diakses oleh masyarakat, jadi tau misalnya daerah-daerah mana yang memang rawan banjir nanti ada pencegahan," ujarnya.

Tak hanya itu, Ia juga menyebut jika terdapat infrastruktur yang bermasalah, masyarakat dapat langsung melaporkan ke dalam sebuah aplikasi yang terhubung langsung ke Dinas PU Kota Makassar.

"masyarakat bisa melaporkan kalau ada yang berlubang, jadi itu bisa langsung pakai aplikasi itu, langsung kirim ke PU melalui aplikasi itukan tentunya membangun," terangbya.

Maka dari itu, Ia nantinya akan mendorong pemanfaatan teknologi ini lebih baik lagi, serta akan melakukan kerjasama atau koordinasi dengan Dinas PU Makassar.

Dengan cara, dibuat semacam alat untuk membantu masyarakat dalam pelaporan secara online. Maka, Masyarakat hanya tingga mengambil gambar (foto) dan itu akan terdeteksi langsung lokasinya. Lalu, akan masuk ke sistem Smart City Kota Makassar.

"Itu yang mungkin proyek yang akan kita gabungkan nanti dengn PU Makassar. Itu salah satunya, masyarakat bisa akses data data yang terkait mungkin sosial, pkoknya yang berkaitan dengan infrastruktur lah, itu mungkin digitalisasi aset daerah.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Denny Hidayat mengatakan dengan adanya teknologi dari produk Leica yang berbagis teknologi digital ini dapat membantu Pemerintah Kota Makassar dalam melakukan pendataan terhadap aset.

"Teknologi peran metaverse dalam digital bagi dunia usaha kelompok berkelanjutan di Kota Makassar. Khususnya adalah suatu teknologi yang dibawa oleh pabrikan yang namanya Leica. Ini sangat membantu kita kedepan untuk bagaimana melakukan 3D terhadap aset yang ada di kota makassar," ucapnya.

"Dan bagaimana kita melakukan pengumpulan data secara terintegrasi, seemlessly, semua bisa diotomatisasi dan bahkan kita dapat virtualisasi dengan seketika pada saat itu juga," sambungnya. 

Denny menilai pengelolaan aset merupakan sesuatu hal yang penting. Di mana sebagai suatu data yang akan kembangkan misalnya, Kota makassar nanti akan berangkat ke metaverse adalah bagaimana data ini dapat berkontribusi terhadap pengambilan keputusan yang tentunya berbasis dengan data yang benar.

"Beberapa teknologi disini misalnya untuk kita bisa scanning 3D untuk scenning apa yang ada di infrastruktur bawah tanah, bagaimana gedung ini semua terus bagaimana ini di transpor ke arah teknologi yang lain, bisa digunakan untuk ventorisasi," terangnya.

Maka dari itu, Ia menyebut Pemerintah Kota Makassar sesegera mungkin harus memiliki produk teknologi tersebut, untuk membantu kinerja.

"saya belum melihat teknologi yang lain, mungkin ada dipasaran lain tapi dengan seemless nya, openess nya ini teknologi dari pabrikan Leica ini sistemnya sangat advance," tutupnya. (Sas)

  • Bagikan