Pemkot Makassar Bakal Revitalisasi Eks Pasar Sentral

  • Bagikan
New Makassar Mal

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berencana melakukan revitalisasi Makassar Mall atau eks Pasar Sentral. Program ini nantinya akan fokus di blok B.

Direktur Utama Perumda Pasar Karya Ichsan Abduh Hussein, menerangkan revitalisasi akan dilakukan karena kondisinya sudah rusak. Selain itu, hampir seluruh lods di blok B saat ini dominan ditempati pedagang kaki lima (PKL).

“Kita rencana revitalisasi Makassar Mal atau Pasar Sentral di blok B yang sekarang ditempatkan pedagang kaki lima. Itu kan bentuknya huruf L,” kata Ichsan saat diwawancara wartawan di Balai Kota Makassar, baru-baru ini.

Saat ini, lanjut Ichsan, pihaknya sementara melakukan telaah, baik secara hukum maupun aspek ekonominya. Selanjutnya, disusunlah rencana kerja pemerintah (RKP) agar bisa diprogram pada tahun 2023 mendatang.

Lebih jauh dikemukakan, konsep revitalisasi bangunannya nanti tetap berbentuk rumah toko (ruko). Rencananya akan dibuat sekitar 106 lods nantinya. Namun yang jadi persoalan, saat ini jumlah PKL yang berjualan di Blok B cukup banyak. Yakni sekitar 1.000 pedagang.

“Ada rencana atau konsep yang dikemukakan Pak Wal. Kita coba pikirkan apakah kita bisa bikin basement. Jadi biar mereka nanti yang tadinya (berjualan) di atas diturunkan ke bawah.
Jadi kita akan percantik, sama kayak mal. Sama kayak Karebosi Link. Di bawah itu kan ada deretan pedagang,” tutur Ichsan.

  • Bagikan