Perguruan Karate Shokaido Palopo Ujian Perdana Kenaikan Sabuk

  • Bagikan

PALOPO, RAKYATSULSEL - Perguruan Karate Shotokan Kandaga Indonesia (Shokaido) Cabang Kota Palopo menggelar kenaikan sabuk (turun Kyu) di Aula Makodim 1403 Sawerigading, Minggu pagi (20/11/2022).

Kenaikan sabuk dihadiri tim penguji DAN VI Aswan Ali Ketua Keluarga Sabuk Hitam (KSH) Pengprov Shokaido Sulsel yang juga anggota Dewan Guru PB Shokaido didampingi Hans Sahilatua DAN III juga pelatih Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Sulsel.

"Ujian kenaikan sabuk atau penurunan kyu untuk Shokaido Kota Palopo baru perdana, dimana sebelumnya baru masuk satu tahun cabang Shokaido di Palopo baru dibuka," kata Aswan Ali mantan atlet Nasional Karate spesialis Kata dan juara dunia Kata SKIF.

Aswan Ali menambahkan, seni bela diri Karate yang di Shokaido mengedepankan etika, moral dan akhlak kepada murid-murid yang mulai mengenal Karate.

"Karate bukan hanya teknik bela diri  tapi mengajarkan filosopi hidup yang mengedepankan attitude, respek dan nilai moral. Buat apa juara jika mereka sombong dan tidak punya sopan santun. Jika hal itu kita tanamkan dari usia dini, disaat dia bertumbuh dewasa dan menjadi seorang juara secara otomatis menjadi Karateka berkarakter yang bisa melahirkan generasi yang sama kedepannya," ungkap Aswan Ali.

Terpisah dikatakan, pelatih Shokaido Kota Palopo Hastang Hasan, dengan diadakannya ujian perdana kedepan Shokaido bisa berkembang dan lahir atlet yang suatu saat mengharumkan nama daerah dipentas nasional dan internasional.

"Alhamdulillah bisa ujian perdana, semoga awal baik untuk perkembang perguruan Karate Shokaido di Kota Palopo atas kehadiran Shihan Aswan Ali memberi teknik gerakan Kihon kepada murid baru yang naik sabuk hari ini," ucap Hastang juga mantan atlet Nasional Junior pernah mewakili Indonesia kejuaraan AUKO di Malaysia tahun 1992 merebut medali perunggu saat itu.

"Semoga kedepannya anak-anak didik kami bisa mengikuti jejak seniornya kepentas Nasional dan Internasional," tutupnya.(Jaya)

  • Bagikan