Pemprov Sulsel Siap Kembali Kerjakan PSN Tahun Depan

  • Bagikan
Kantor Gubernur Sulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel siap mengerjakan proyek strategis nasional (PSN) tahun depan. Misalnya, Bendungan Pammukulu di Kabupaten Takalar dan Irigasi Baliase di Luwu Utara.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel Astina Abbas menyebutkan pihaknya telah memasukkan PSN dalam anggaran. Mayoritas, PSN sifatnya infrastruktur.

"Kalau sudah yang ada itu memang kewajiban untuk memelihara. Jadi untuk Daerah Irigasi Saddang yang pelihara oleh balai itu adalah bendungannya. Kalau jaringannya itu kami (pemprov) ditambah perbantuan dari pemerintah pusat," ujar Astina, Minggu (11/12).

Dia menjelaskan, khusus daerah irigasi Saddang merupakan bendungan pertama di Kabupaten Pinrang ini masuk dalam kategori rehabilitasi.

"Harus direhab itu karena bendungan lama itu DI Saddang. Bendungan pertama itu di daerah Pinrang. Cantik sekali di situ," ucapnya.

Selain rehabilitasi, Astina mengaku Pemprov Sulsel juga tengah melakukan beberapa pergerjaan proyek infrastruktur jalan di sejumlah ruas jalan provinsi yang mengalami kerusakan. Diantaranya, ruas jalan Kabupaten Takalar dan Bone.

"Jalan ini yang kita liat sementara dikerja. Kami mengusulkan bagaimana caranya daerah selatan ditangani kurang lebih Rp220 miliar," tuturnya.

"Sekarang sudah jalan kontrak yang didaerah Jeneponto yang mau diperlebar. Masih banyak jalan yang rusak. Sekarang alhamdulillah, jalan ke Bone yang banyak dikeluhkan orang, sudah kontrakmi pekan lalu pelebaran ke arah Bone," tambahnya.

Terakhir, Astina menyebut pada dasarnya prioritas pembangunan diberikan kepada Sulsel sudah cukup baik. (Sasa/Raksul/B)

  • Bagikan