Adu Kuat, Pertarungan Balon DPD RI Andalkan Basis Parpol

  • Bagikan
Lambang DPD RI

Pengamat politik dari Unhas Dr Ali Armunanto, menjelaskab bahwa banyak alasan para politisi pindah tempat. Salah satu alasan politisi dari parpol pindah untuk bertarung ke DPD karena kemudahan-kemudahan yang bisa didapatkan.

"Alasan sederhana, ya karena tidak perlu bertarung di daerah pemilihan, tapi seluruh provinsi menjadi arena pertarungan sehingga pertandingan lebih luas," jelas Ali Armunato.

Selain itu, pertarungannya semakin luas, lanjut Ali, bisa menjadi kekuatan sekaligus kelemahan. Orang yang punya mobilitas yang tinggi bisa menjadi kekuatan.

"Di sisi lain karena model pertarungan DPD hanya mengambil empat besar, sehingga perhitungannya lebih sederhana dibanding DPR RI," ucapnya.

Ali mengungkapkan, bila pindahnya politisi semisal Hatta Marakarma dan Yagkin Padjalangi karena banyaknya bintang-bintang yang bertarung di dapil, sehingga dengan pindah maka pertarungannya lebih longgar dan tak terkalu ketat.

Soal peluangnya, mau tidak mau mereka harus memperluas jangkauan politiknya. Juga butuh tenaga yang besar.

"Walaupun jangkauannya luas, namun seperti Irwan Intje, Aliyah Mustika, Hatta Marakarma dan Yagkin Padjalangi tentu sudah menyiapkan antisipasi," pungkasnya.

Berikut  Bakal Calon DPD RI di KPU Sulsel...

  • Bagikan