Tebar Citra Raih Suara

  • Bagikan
ilustrasi/rambo

"Untuk tahapan 2023 ini, kami terus melakukan konsolidasi internal untuk mempelajari apa yang sudah disiapkan oleh KPU ke depan," ungkapnya.

Faisal pun meminta dukungan semua pihak agar pemilu dan pilkada nanti dapat dilaksanakan secara demokratis, transparan, akuntabel, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Pihaknya di KPU akan membangun kerja sama dan kolaborasi dalam rangka untuk menjalankan tugas dan amanah sebagai penyelenggara Pemilu 2024 dengan baik.

Bagi Faisal dengan terselenggaranya pemilihan serentak yang sukses di tahun 2024 tidak bisa lepas dari dukungan pemerintah dan semua stakeholder yang terlibat.

"Karena setiap tahapan Pemilu serentak perlu untuk diinformasikan kepada seluruh masyarakat, dan media massa atau pers sebagai sarana. Keterbukaan informasi publik bertujuan untuk meningkatkan keperyaan publik terhadap penyelenggara Pemilu," tegas Faisal.

Anggota KPU Sulsel, Misna M Hattas mengatakan, pihaknya menggelar rapat koordinasi sosialisasi dan pendidikan pemilih Pemilihan Umum Tahun 2024.

"Kegiatan ini diikuti oleh Anggota KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat & SDM serta staf Tekmas KPU Kab/Kota se Sulawesi Selatan," katanya.

Anggota Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Sulsel itu menyampaikan agar KPU kabupaten dan kota memperhatikan penyebaran informasi tahapan Pemilu 2024 yang sedang berjalan serta rencana program kerja sosialisasi dan pendidikan pemilih tahun 2023.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu Sulawesi Selatan Laode Arumahi menyatakan kesiapan Bawaslu sesuai tupoksi mengawasi tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Kami akan jalankan tugas sesuai tupoksi pengawasan. Maka kami bersama-sama KPU dan pihak terkait akan melakukan seluruh proses pengawasan tahapan penyelenggaraan pemilu. Ini bahi kami sudah siap tim," ujar Arumahi.

"Waktu 2022 di Sulsel kami sudah awasi tahapan berjalan. Maka kami akan menyerap seluruh proses-proses yang telah mereka lakukan dan kemudian di 2023 ini, kami bersama-sama akan melakukan rencana bagaimana standar tata laksana pengawasan pemilu dilakukan dan diperbaiki," tambahnya.

Lantas bagaimana kesiapan partai politik pada tahun 2023 menyambut Pemilu 2024? Sejumlah partai politik di Sulsel sudah mulai mematok target sebagai bagian dari strategi menghadapi pemilihan legislatif.

  • Bagikan