Tebar Citra Raih Suara

  • Bagikan
ilustrasi/rambo

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.CO - Sepanjang tahun 2023, gong politik akan bertalu-talu. Partai politik, bakal calon legislatif, dan calon Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) akan menguras perhatian massa. Citra dipoles demi meraih simpati para pemilik suara.

Setidaknya terdapat lima tahapan Pemilu 2024 yang teragenda diselenggarakan pada 2023. Mulai dari pencalonan DPD, calon anggota legislatif, penetapan dapil dan alokasi kursi, hingga masa kampanye tertutup yang dijadwal pada November-Desember 2023.

Partai politik dituntut berlari kencang. Kerja-kerja elektoral harus tersaji di tengah harapan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, penyelenggara Pemilu baik Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu juga tak luput dari perhatian.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan, Faisal Amir menegaskan bahwa dengan segala potensi yang dimiliki jajaran KPU Sulsel bersama KPU di 24 daerah, sudah siap melaksakan tahapan Pemilu 2024.

"Pada intinya sebagai penyelenggara kami siap melakukan dan menjalankan Pemilu 2024. Sejak peluncuran tahapan hingga berjalan saat ini kami terus koordinasi untuk memastikan seluruh tahapan berjalan efektif dan efesien," kata Faisal, Senin (2/1/2023).

Faisal mengatakan, adapun tahapan sudah dilewati kaitan dengan proses verfikasi administrasi parpol, verifikasi faktual, pendaftaran bakal calon DPD hingga pemuktahiran data pemilih, sosialisasi partisipasi pemilih dan rancangan pengusulan daerah pemilihan serta pembahasan anggaran pilkada di masing-masing KPU.

"Artinya kami sudah siap dan melaksanakn sesuai tahapan PKPU. Tentu saja kami telah melaksanakan sebagian dari tahapan," ujar dia.

Dengan demikian, ia menyatakan KPU siap untuk melakukan tahapan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 yang akan dimulai pada 14 Juni mendatang. Pihaknya rutin melakukan sosialisasi.

  • Bagikan