Disdag Sulsel Fokus Jaga Kelancaran Distribusi Jelang Ramadan

  • Bagikan
Kadisdag Sulsel Andi Arwin Azis Berikan Penjelasan Soal Ketersediaan Stok Pangan Jelang Ramadan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Perdagangan (Disdag) Sulsel fokus menjaga kelancaran distribusi jelang ramadan. Terlebih, permintaan terhadap kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) meningkat. Perlu ada pengawasan ekstra pemerintah.

Kepala Disdag Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan, kondisi cuaca menjadi salah satu penyebab masalah distribusi, termasuk sembako. Imbasnya, permintaan akan meningkat apalagi menjelang hari besar keagamaan.

"Tentu semakin meningkat permintaan harus bisa dipastikan stok lebih banyak. Yang paling penting adalah distribusinya bisa lancar apalagi ini faktor cuaca ya diharapkan tidak berpengaruh signifikan," tukas Andi Arwin, Selasa (21/2).

Salah satu komidisi paling penting, kata dia, yakni beras. Meski begitu, pihaknya optimistis ketersediaan beras aman. Apalagi, panen raya akan tiba dan jelang ramadan.

"Kita harap bisa panen beras bulan depan. Kita harus pastikan harga di pasaran tidak melonjak," ujarnya.

Arwin Azis menuturkan, pihaknya akan berkolaborasi dengan semua stakeholder terkait dalam melakukan intervensi kenaikan harga dan ketersediaan bahan pokok menuju ramadan.

"Intervensi pemprov pasti ada untuk mengendalikan harga termasuk sebenarnya dengan memastikan pasokan itu besar. Intinya pemerintah harus lakukan intervensi apakah itu melakukan kolaborasi dengan Bulog dan lain sebagainya," pungkasnya.

Terpisah, Kepala Perum Bulog Kanwil Sulselbar Bakhtiar, menyampaikan, kenaikan harga bahan pokok terutama beras itu merupakan kondisi yang berulang setiap tahun.

  • Bagikan