Gilas Persis Solo, PSM Makassar Kian Dekat ke Tangga Juara

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Lima gol mewarnai laga PSM Makassar vs Persis Solo pada pekan ke-28 Liga 1 2022-2023. PSM meneruskan tren kemenangannya di Liga 1 2022/2023. PSM bangkit dari ketinggalan sebelum berbalik mengalahkan Persis Solo dengan skor akhir 3-2.

PSM menjamu Persis di Stadion Gelora BJ Habibie pada Minggu (5/3/2023) sore. Persis mengejutkan tim tuan rumah setelah gol Ryu Matsumura memberi keunggulan sampai akhir babak pertama.

PSM nyaris mencetak gol balasan di awal babak kedua. Sebuah sodoran mendatar diteruskan Sutanto Tan dengan tembakan keras dari dalam kotak penalti, tapi pemain Persis menjatuhkan diri untuk melakukan blocking.
Gol balasan yang dinanti-nanti PSM akhirnya terlahir juga di menit ke-62. Yance Sayuri membobol gawang Persis Solo untuk menyeimbangkan skor menjadi 1-1.

Willjan Pluim melepaskan umpan silang mendatar yang diterima Yance Sayuri di kotak penalti. Yance memperdaya bek tengah Persis Rian Miziar sebelum menyelesaikan dengan tembakan kaki kanan ke sudut bawah gawang Gianluca Pandeynuwu.

Persis Solo hanya butuh tiga menit untuk kembali di depan. Fernando Rodriguez Ortega mencetak gol kedua Persis sehingga skor berubah menjadi 2-1 di menit ke-65.

Operan panjang Eky Taufik kepada Ryo Matsumura diteruskan dengan crossing dari sayap kanan. Fernando Rodriguez menyongsong bola dengan tendangan voli.

PSM langsung merespons. Kurang dari lima menit kemudian, PSM kembali menyamakan kedudukan. Diawali dari tendangan bebas, Pluim menyambut crossing dari sayap kiri dengan tandukan. Bola meluncur ke tiang jauh sekaligus mengalahkan penjagaan M Reza Pratama.

PSM berbalik mengungguli Persis di menit ke-76. Everton Nascimento mengukir namanya di papan skor dan menjadikan kedudukan 3-2.

Pemain pengganti Ramadhan Sananta melepaskan umpan silang dari sayap kiri. Bola diselesaikan Everton dengan tandukan keras nan terarah yang bersarang di sudut bawah gawang.

Sananta membuang peluang emas untuk menghabisi perlawanan persis di lima menit terakhir. Kerja sama Plum dengan Yance Sayuri membebaskan Sananta di depan. Namun, tembakan Sananta hanya mengenai sudut luar mistar gawang Persis Solo.

Dengan kemenangan ini PSM Makassar berarti sudah memenangi delapan pertandingan beruntun. PSM masih di puncak klasemen dengan perolehan 62 poin dari 28 laga, sedangkan Persis Solo menghuni urutan 11 dengan perolehan 33 poin.

Selain itu, ini menjadi kemenangan kedelapan beruntun anak asuh Bernardo Tavares. Sementara kekalahan bagi Persis Solo membuat mereka tertahan di posisi 11 dengan 33 poin.

Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares mengatakan pada pertandingan kali ini anak asuhnya melawan dua tim yakni Persis Solo dan wasit. Namun, atas dukungan suporter, anak asuhnya bisa bangkit hingga menang. "Kami sangat berterima kasih atas kehadiran suporter," katanya.

Dirinya menyebutkan wasit yang dipimpin Juhandri Setiana selalu merugikan PSM Makassar apalagi gol Everton itu sebenarnya tidak offside.

Tavares mengatakan, pada beberapa pertandingan Juhandri Setiana selalu membuat kontroversi baik itu PSM Makassar saat melawan Barito Putera begitu juga saat melawan Arema.

"Bagaiman kalau pelatih tidak bagus pasti ada konsekuensi dari manajemen, pemain pasti juga ada konsekuensi dari pelatih. Kalau wasit apa konsekuensi?," tanya Tavares.

Walau wasit berpihak ke tim lawan, kata pelatih kewarganegaraan Portugal ini, para anak asuhnya masih memiliki mental kuat. "Dukungan suporter juga sangat membatu dalam setiap pertandingan," jelasnya. (fah/B)

  • Bagikan