Rp13,3 Miliar Pembangunan Jembatan di Kepulauan Selayar

  • Bagikan
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Provinsi Sulsel Astina Abbas.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akselerasi pembangunan infrastruktur pengerjaan jembatan di daerah kepulauan. Salah satunya Ruas Tanabau - Ngapaloka - Patumbukang di Kepulauan Selayar yang bakal diguyur dana Rp13,3 miliar untuk tahun 2023 ini.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUTR Sulsel, Irawan Darmayasamin mengatakan, saat ini didahului untuk tender supervisi.

Kata dia, itu dilakukan karena sangat penting dalam menyiapkan tim pengawas sebelum pengerjaan konstruksi dimulai. "Begitu nanti mulai berkontrak fisiknya, ada mi pengawasan yang siap. Tapi tetap ada pengerjaan fisiknya," kata Irawan, Jumat (10/3/2023).

Ruas tersebut dianggarkan Rp13,3 miliar dengan pengerjaan berupa jembatan. Hanya saja, belum dilakukan tender (e-katalog) sebab Detail Engineering Design (DED) belum rampung.

"Di situ ada sekitar tiga atau empat jembatan, nanti disesuaikan kecukupan anggarannya. Ukurannya belum, karena belum dilihat DED-nya," tukasnya.

Pengerjaan jembatan didahulukan ketimbang jalan dengan pertimbangan aksesibilitas material. Keberadaan jembatan dianggap urgen untuk bisa menghubungkan ruas-ruas jalan yang perlu diperbaiki nantinya.

"Tahun ini ditarget pengerjaannya. Semester II Tahun 2023, Insya Allah tidak, bisa semester I," cetusnya.

Sementara Kepala Dinas PUTR Sulsel Astina Abbas mengungkapkan, tahun ini komitmen Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk menuntaskan sebanyak mungkin pengerjaan konstruksi jalan. Menghubungkan daerah-daerah terisolir, untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat. (Abu/B)

  • Bagikan