Ratusan Siswa di Taiwan Sakit, Diduga Terpapar Norovirus

  • Bagikan
Ilustrasi Sekolah di Taiwan

RAKYATSULSEL - Ratusan siswa di Sekolah Dasar Dazhi Kota Taichung, Taiwan, dilaporkan sakit dan diduga telah terpapar Norovirus.

Taiwan News melaporkan Senin (27/3) bahwa banyak siswa mulai menunjukkan gejala seperti demam, muntah, dan diare di sekolah sejak Sabtu pagi.

Lebih dari 90 anak kemudian dipulangkan sementara sekolah menghubungi departemen kesehatan setempat tentang kemungkinan infeksi kluster norovirus atau enterovirus atau kasus keracunan makanan.

Pada Minggu, lebih dari 180 siswa mengeluhkan sakit. sebanyak 368 siswa akhirnya diliburkan pada Senin, termasuk mereka yang tidak menunjukkan gejala, untuk menghindari risiko tertular di sekolah.

Makanan yang dimuntahkan siswa serta bekal yang dibawa diserahkan untuk diuji. Kepala Sekolah Cheng Li-chuan mengatakan laporan diharapkan keluar dalam dua minggu.

Setelah mengamati peningkatan kasus norovirus pada bulan Februari, Departemen Kesehatan Masyarakat Taoyuan mendesak sekolah dan penyedia layanan makanan untuk tetap waspada dan memperkuat manajemen keamanan makanan.

Norovirus kebal terhadap etanol dan pembersih tangan, dan cara pencegahannya adalah dengan sering mencuci tangan dengan sabun. Itu juga dapat dihindari dengan memisahkan bahan mentah dan matang saat memasak, dan menghindari makan telur mentah, daging, atau kerang.

Mereka yang terpapar biasanya mengalami diare dan harus menunggu setidaknya 48 jam setelah gejala hilang sebelum kembali bekerja atau sekolah untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus.

Gejala lain yang disebabkan oleh virus termasuk mual, muntah, sakit perut, demam, menggigil, kelelahan, sakit kepala, dan nyeri.

Anak kecil mungkin mengalami muntah yang lebih parah selama satu hingga 10 hari sebelum pulih secara bertahap.

(RMOL)

  • Bagikan