Panglima Kodam: Tunda Demonstrasi!

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan dua hari di Sulawesi Selatan. Sejumlah kegiatan akan dilakukan mulai dari peresmian kereta api hingga kunjungan ke Danau Matano di Kabupaten Luwu Timur.

Pengamanan ekstra ketat telah disiapkan oleh Kodam Hasanuddin dan Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan. Berdasarkan data yang dihimpun HarianRakyat Sulsel, jumlah personel gabungan yang disiagakan untuk mengawal Jokowi selama di Sulawesi Selatan mencapai ribuan orang.

Untuk pengamanan di Kota Makassar, Maros, dan Pangkep, Jokowi dan rombongan akan dijaga ketat oleh sekitar 2.206 orang personel gabungan TNI-Polri. Sedangkan, saat Jokowi berada di Luwu Timur pada Kamis (30/3/2023), disiagakan sekitar 938 personel.

Panglima Kodam Hasanuddin Mayor Jenderal Totok Imam Santoso mengatakan persiapan pengamanan telah dilakukan oleh tim gabungan yang berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Menurut dia, pihaknya akan melakukan pengamanan maksimal di seluruh titik-titik kunjungan dan rute yang akan dilalui Jokowi bersama rombongan.

"Semua personel yang diturunkan telah siap melakukan pengamanan di seluruh titik yang menjadi areal kunjungan presiden," ujar Totok, Selasa (28/3/2023).

Totok meminta masyarakat dan mahasiswa berupay menertibkan suasana selama kunjungan Presiden Jokowi.

"Saya imbau agar demo ditunda dulu. Kalau ada aspirasi silahkan disampaikan melalui perwakilan nanti diwadahi oleh pemerintah provinsi untuk disampaikan ke Presiden," ujar Totok.

Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Komisaris Besar Komang Suartana menyatakan Polda Sulsel akan menggerahkan seluruh kekuatan personil baik dari Polda Sulsel maupun Polres yang wilayahnya akan didatangi Jokowi. Pengamanan yang dilakukan mulai dari mensterilkan lokasi hingga pengamanan jalur-jalur yang akan dilewati rombongan Presiden.

"Dalam pelaksanaannya gladi terkait pengamanan dan pengawalan presiden dari bandara ke lokasi yang dituju, baik Maros ke Makassar maupun ke Luwu Timur," ujar Komang.

Saat ini, kepolisian juga disebut ikut memetakan daerah-daerah yang rawan akan kemacetan. Termasuk pemetaan lokasi unjuk rasa jika sewaktu-waktu ada. Pemetaan dilaksanakan dengan melibatkan unsur TNI, Pemda, dan masyarakat setempat.

"Daerah rawan dipetakan untuk mengantisipasi adanya hal tersebut," beber dia.

Selain melibatkan personil, beberapa perangkat milik Polda Sulsel juga akan dikerahkan. Salah satunya adalah anjing pelacak atau K-9. Untuk K-9 akan disiagakan di jalur-jalur yang akan dilewati Presiden untuk mensterilkan wilayah.

"Untuk kedatangan bapak Presiden kita akan sterilisasi bekerja sama dengan unsur-unsur TNI dan Pemda mengedepankan fungsi pengamanan lokasi, Anjing pelacak disiapkan untuk mensterilkan lokasi yang ditujuh presiden," kata Komang.

Berdasarkan rundown acara yang diterima Harian Rakyat Sulsel, Jokowi akan tiba di Bandara Sultan Hasanuddin pada Rabu (29/3/2023) hari ini pukul 10.50 wita. Dari bandara, Jokowi dan rombongan akan meresmikan Depo Kereta Api di Kabupaten Maros sekaligus melakukan uji coba jalur kereta api menuju Stasiun KA Rammangrammang, dan titik terakhir mengunjungi Kampung Nelayan Desa Pajukukang Maros.

Humas Balai Pengelola Kereta Api Sulsel, Ryan mengatakan, presdien akan meresmikan Depo Kereta Api di Maros. Selanjutnya, presdien akan menaiki kereta menuju Stasiun Maros dan dilanjutkan ke Stasiun Rammangrammang.

"Kami terus berusaha semaksimal mungkin untuk persiapannya, apalagi Proyek Strategis Nasional ini bakal diresmikan langsung oleh Presiden," lanjut dia.

Selain peresmian kereta api, Jokowi juga akan melakukan serangkaian kegiatan di Maros seperti panen raya dan mengunjungi gudang Bulog di Batangase. Bupati Maros, Chaidir Syam mengatakan pihaknya telah melakukan imbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati dan menjaga jarak di sekitar rel kereta api, kala presiden melakukan kunjungan.

Menurut dia, insiden yang sempat terjadi beberapa waktu yang lalu diharapkan untuk tidak terulang lagi. Seperti, adanya hewan yang melintas di atas rel dan warga tuna rungu yang tewas disambar kereta.

"Untuk lokasi panen raya juga sudah disiapkan. Presiden juga akan melihat ketersediaan pangan di gudang Bulog," ujar Chaidir.

Kepala Perum Bulog Kanwil Sulselbar, Bakhtiar mengatakan, Presiden Jokowi akan ,melihat langsung stok beras yang ada di gudang Bulog Batangase. Menurut dia, saat ini harga beras masih terbilang tinggi namun pihaknya telah melakukan penyerapan di wilayah pemasok pangan.

"Daerah sentra itu, seperti Sidrap, Wajo, Pinrang dan sebagian Maros juga sudah mulai panen," ujar Bakhtiar.

Menurut dia, pihaknya sudah menyerap sekitar 2.000 ton beras, meski jumlah itu dinilai belum optimal. Untuk persiapan saat ini lanjut Bakhtiar, Bulog itu telah mencapai 90 persen. Personil pengamanan juga telah sterilisasi lokasi.

Di Kota Makassar, Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan mendatangi Pasar Terong dengan memberi bantuan sosial kepada pegadang. Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengatakan siap menyambut kedatangan Jokowi di Makassar.

Danny telah meninjau Pasar Terong dan mengintruksikan kepada petugas pasar untuk melakukan pembenahan, termasuk memastikan kebersihan pasar.

Meski pun baru satu titik yang akan dikunjungi Presiden Jokowi di Makassar, namun Danny menyatakan telah melakukan langkah-langkah antisipasi. Seperti, mempersiapkan acara salat Subuh berjemaah dan salat Tarawih.

"Bisa saja ada agenda-agenda lain. Siapa tahu Pak Jokowi mau salat berjemaan nanti di Makassar," kata Danny. (Isak-Abu-Shasa/B)

  • Bagikan