Dinas PU Makassar Imbau Masyarakat Tak Buang Sampah di Kanal

  • Bagikan
Satuan Tugas (Satgas) Dinas PU Kota Makassar membersihkan sampah di permukaan Kanal Pannampu dan Jongaya sebagai kegiatan rutin

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepala Bidang Drainase Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Nur Hidayat menghimbau masyarakat di Kota Makassar agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya.

Hal tersebut disampaikannya disela-sela rutinitas pembersihan sampah yang menumpuk dan beberapa kanal di Kota Makassar, Rabu, 5 April 2023.

Kegiatan ini melibatkan 22 personel setiap harinya, dan dilakukan di sekitar RS Haji, Maricaya, Masjid Al Markaz, hingga sekitar Pannampu.

Dalam menjalankan tugasnya, Nur Hidayat mengakui bahwa ketika sampah yang menumpuk cukup banyak sehingga saluran drainase juga tersumbat, yang akan berdampak pada kelancaran pembuangan air saat musim hujan. Pihaknya pun harus mengerahkan alat berat untuk membersihkannya sampah yang menutupi kanal.

Namun, ia menekankan bahwa penting bagi masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan agar dapat meminimalkan jumlah sampah yang menumpuk di selokan dan kanal.

“Setiap hari kami turun, kalau sampah agak banyak kami menggunakan alat berat,” kata Nur Hidayat.

Sampah yang menumpuk di sepanjang kanal, kata dia, dari selokan lalu mengalir ke kanal. Edukasi kepada masyarakat penting untuk meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan.

Menurutnya, peran aktif masyarakat harus diwujudkan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan demikian, kata dia, kota dapat menjadi lebih bersih dan sehat untuk ditinggali.

“Kita terus melakukan edukasi, soal pentingnya menjaga lingkungan,” jelas Nur Hidayat. (*)

  • Bagikan