In Memoriam Muhammad Rapsel Ali: Sosok Tenang, Sangat Peduli, dan Suka Bercanda

  • Bagikan
BERDUKA. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dan mantan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin melayat jenazah anggota DPR RI, Muhammad Rapsel Ali, di Jalan Bonto Mangape Nomor 7, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Minggu 9 April 2023.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Anggota DPR RI asal Sulawesi Selatan, Muhammad Rapsel Ali mengembuskan nafas terakhir di Makassar, Minggu (9/4/2023) sekitar pukul 09.00 wita. Anak mantu Wakil Presiden Ma'ruf Amin ini diduga meninggal akibat serangan jantung.

Rapsel sempat dilarikan ke Rumah Sakit Grestelina. Namun, almarhum lebih dahulu wafat sebelum menjalani perawatan medis di rumah sakit.

Rapsel Ali merupakan anak pertama tokoh masyarakat Sulawesi Selatan H Muhammad Ali Gandong dan Hj Basdiaty Ali. Politisi NasDem ini merupakan menantu Wakil Presiden 2019- 2024, KH Ma’ruf Amin.

Pria yang berasal dari Kecamatan Tallo, Makassar ini, sejak masa kecil hingga dewasa dihabiskan di kediaman orang tuanya di Jalan Arif Rahman Hakim, Makassar. Pendidikan formalnya ditempuh di Makassar dan melanjutkan kuliah di Surabaya.

Berwiraswasta menjadi pilihannya untuk menimba pengalaman. Berbagai usaha dilakoni, mulai dari perdagangan, jasa, dan industri. Belakangan, Rapsel memilih terjun ke dunia politik dan berhasil melenggang ke Senayan pada 2019.

Rapsel merupakan politikus Partai NasDem. Partai ini pula yang mengantar dirinya meraih satu kursi di daerah pemilihan Sulawesi Selatan Satu yang meliputi Kota Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Kepulauan Selayar dengan memperoleh 43.382 suara.

Rapsel Ali banyak berkecimpung di dunia wirausaha. Ia tercatat pernah bekerja di sebuah event organizer pada 2000-2002, menjabat Komisaris PT Fox Multimedia pada 2017, hingga menjadi Direktur Utama Sakalino Fajar Mas.

Rapsel menikahi anak Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Siti Nur Azizah. Dia juga merupakan Ketua Tim Racing Indonesia MotoGP yang berlaga di sirkuit Mandalika, NTT.

Juru bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi mengatakan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sangat berduka atas wafatnya sang menantu.

Masduki mengatakan Rapsel yang merupakan anggota DPR RI itu wafat saat kunjungan ke daerah pemilihan di Makassar.

"Pak Wapres sangat berduka dan berbelasungkawa mendalam," kata Masduki.

"Kami semua berbelasungkawa dan mendoakan mudah-mudahan husnulkhatimah. Semua karyawan Setwapres berduka," sambungnya.

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman yang melayat di rumah duka menyatakan, Rapsel merupakan seorang putra terbaik di Sulsel yang memiliki sifat ramah ke semua orang. Dia mengaku sering berkomunikasi, khususnya mengenai pembangunan di Sulsel.

"Beliau orangnya sangat easy going dan welcome ke semua orang dan sangat semangat ketika bekerja untuk rakyat. Banyak yang beliau telah perjuangkan untuk Selayar dan Sulsel," ujar Sudirman.

Mantan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) berbelasungkawa dengan kepergian salah satu putera terbaik Kabupaten Selayar itu.

"Berita duka ini begitu mengejutkan. Padahal, saat kontak-kontakan untuk beberapa urusan, beliau tidak pernah sampaikan ada keluhan," kata IAS saat melayat di rumah duka, Jalan Bonto Mangape Nomor 7, Tamalate, Makassar, Minggu, 9 April 2023.

"Bahkan saat bertemu terakhir kali di Kabupaten Selayar, beberapa waktu lalu, almarhum sangat terlihat bugar dan penuh semangat," sambung Ketua Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Besar Putra-Putri Polri Sulsel itu.

IAS menerima kabar kematian dari kerabat Rapsel, Ilham. "Yang terkesan dari beliau ini adalah sosoknya yang tenang tapi dikenal begitu peduli. Termasuk untuk urusan organisasi KBPP Polri," kenang IAS.

Rapsel memang anak polisi. Putra dari purn polisi H Ali Gandong. Almarhum juga saudara kandung Bupati Selayar, H Basli Ali.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto juga menyampaikan duka cita yang mendalam usai mendapat kabar berpulangnya Rapsel Ali. Danny mengatakan mendiang Rapsel merupakan sahabat yang baik dan selalu meluangkan waktunya untuk bertemu.

Danny menyebut Rapsel merupakan sosok yang sangat dan terus menjaga hubungan dengan orang lain dengan melakukan silaturahmi. “Saya separtai dengan beliau, pada saat beliau maju juga kami banyak berkoordinasi,” kata dia.

“Dia sahabat yang baik. Setiap reses disempatkan untuk singgah di rumah. Setiap ada di Makassar atau di Sulawesi Selatan,” beber Danny.

Tak sedikit yang menyampaikan duka cita dan kehilangan atas berpulangnya Rapsel. Salah satunya datang dari pesohor dalam negeri, Raffi Ahmad. Suami Nagita Slavina itu menyampaikan duka citanya melalui unggahan story di Instagram.

“Selamat jalan Om,” kata Raffi, dikutip dari akun Instagram @raffinagita1717.

Pada unggahan itu, nampak artis yang juga pengusaha itu mengunggah sebuah berita mengabarkan meninggalnya Rapsel Ali.

Raffi Ahmad dan Rapsel Ali memang kerap membagikan momen kebersamaannya. Salah satunya terdokumentasikan dalam sorotan cerita Instagram milik akun Rapsel, @rapselali.

Pada momen itu, Raffi Ahmad yang mengenakan topi hitam mengampanyekan Rapsel saat mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI Dapil 1 Sulawesi Selatan.

Politisi PDI Perjuangan Adi Sulisto, yang sekaligus rekan satu komisi Rapsel Ali mengaku terkejut dengan kabar duka tersebut.

"Berita yang mengagetkan. Pak Rapsel kelihatan sehat. Beliau sahabat di Komisi VI yang baik hati, selalu tampil ceria dan penuh dengan canda tawa. Semoga Pak Rapsel husnulkhatimah, dan keluarga yang ditinggal diberi kekuatan dan ketabahan," ujar dia.

Kolega Rapsel di DPR RI, Muhammad Fauzi juga menghaturkan bela sungkawa. "Saya kaget dan terkejut dengan informasi wafatnya kerabat kita, keluarga kita, Rapsel Ali," ucap Fauzi.

Fauzi pun mengenang mendiang Rapsel Ali merupakan legislator yang gigih memperjuangkan kepentingan rakyat.

"Saya pernah satu komisi dengan beliau di Komisi 8 satu tahun lebih, bidangnya agama. Selama di komisi 8 beliau sangat humble dan gigih memperjuangkan kepentingan daerah."

"Memang beliau tidak banyak cakap tapi lobi-lobi untuk kepentingan daerah sudah cukup baik dilakukan," kenang Fauzi.

Sementara itu, staf ahli Rapsel, Darmawan mengatakan sebelumnya, malah sebelumnya, almarhum masih sempat keluar mencari makanan, dan masih sempat menggelar sahur.

Pada pagi harinya, kata dia, almarhum masih sempat jalan-jalan pagi. Namun sekitar pukul 09.00 wita, tiba-tiba saat berada di dalam kamar, merasakan sakit di bagian dada.

"Kami langsung dilarikan ke rumah sakit," ujar dia.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dijadwalkan baru akan tiba di Makassar, pagi ini. Rencananya, jasad Rapsel akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Panaikang sekitar pukul 10.00 wita. (isak-abu-sasa/C)

  • Bagikan