OPINI: Jihad 1000 bulan! (8)

  • Bagikan
Rektor IAI As'adiyah Sengkang-AG DR KH Muh Yunus Pasanreseng Andi Padi M.Ag.

Ada banyak amalan ibadah yang bisa dikerjakan selama malam yang mulia ini, mulai dari salat, membaca Al-Qur'an, hingga berzikir. Namun, amalan paling utama pada lailatul qadar adalah salat. Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,

"Barangsiapa melaksanakan salat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari no. 1901)

Salat yang dimaksud di sini bisa saja qiyamul lail ataupun bahkan salat wajib Isya dan Subuh. Ini berdasarkan hadis dari Utsman bin Affan. Nabi SAW pernah mengatakan,

"Siapa yang menghadiri salat Isya berjamaah, maka baginya pahala salat separuh malam. Siapa yang melaksanakan salat Isya dan Subuh berjemaah, maka baginya pahala salat semalam penuh." (HR. Muslim no. 656 dan Tirmidzi no. 221)

Di samping itu, kaum muslimin juga disunahkan untuk membaca doa malam lailatul qadar. Ini pernah ditanyakan oleh Aisyah RA. Rasulullah mengatakan, berikut doa yang dapat dibacakan pada malam lailatul qadar:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf (menghapus kesalahan), karenanya maafkanlah aku (hapuslah dosa-dosaku)." (HR. Tirmidzi no. 3513 dan Ibnu Majah no. 3850, sahih)

Dalam bulan Ramadan, ternyata terdapat satu malam mulia bernama lailatul qadar lebih mulia dari 1.000 bulan yang mengharuskan kita berjuang (jihad) untuk menggapainya. !!! Semoga Allah SWT mengizinkan kita menjadi salah satu yang mendapatkan keberkahan malam 1.000 bulan . Aamiin yaa Rabbal 'aalamiin.

  • Bagikan