Bahas Green Accounting, Hima AK FE UNM Sukses Gelar Seminar Nasional 2023

  • Bagikan
Suasana Seminar Nasional AK FE UNM, Rabu (17/5)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pengurus Himpunan Mahasiswa Akuntasi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Makassar (UNM) sukses menggelar Seminar Nasional 2023 di Convention Hall Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, Rabu (17/5).

Kegiatan ini membahas persoalan Green Accounting dalam tema Peran Penerapan Green Accounting dan Carbon Tax dalam Menahan Laju Krisis Iklim. Hadir sekira 200 peserta dan masyarakat Akuntasi FE UNM.

Pada kesempatan ini, Seminar Nasional 2023 dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar Prof Thamrin Tahir. Hadir, Ketua Umum Hima Aksi FE UNM Muhammad Bintang Pradito, Ketua Umum Dema AK FE UNM Ajib Prajumarse, Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Akuntansi FE UNM M. Ridwan Tikollah.

Ketua Umum Hima Aksi FE UNM Muhammad Bintang Pradito mengatakan, seminar ini diselenggarakan agar peserta dapat memahami seberapa besar dampak krisis iklim sebagai isu global yang semakin memprihatinkan.

Selain itu, kata dia, seminar ini juga dijadikan sebagai wadah komunikasi antara regulator dan pelaku ekonomi serta memberikan wawasan, motivasi, dan tempat jajak pendapat bagi audiens dan speaker.

"Saya harap melalui kegiatan ini semoga teman-teman paham mengenai dampak maupun akibat dari krisis iklim melalui peran Green Accounting dan Carbon Tax," cetus Muhammad Bintang Pradito, Kamis (18/5).

"Saya juga ingin berterima kasih kepada teman-teman panitia pelaksana dan panitia pengarah karena telah memberikan waktu maupun materi untuk pelaksanaan kegiatan Seminar Nasional ini," tambahnya.

Terpisah, Ketua Panitia Seminar Nasional 2023 Aslam Mualdi Haerul berharap agar kegiatan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan peserta terhadap Green Accounting dan Carbon Tax dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita harap diadakannya kegiatan ini semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita terhadap Green Accounting dan Carbon Tax serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat menjadi tempat untuk ajang silaturahmi," ucap Aslam.

Sementara, Ketua Prodi Pendidikan Akuntansi FE UNM M Ridwan Tikollah berharap agar peserta bisa memahami isi materi dengan baik dan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari serta beliau berharap agar pengurus Hima AK FE UNM bisa terus melaksanakan kegiatan positif yang serupa.

"Sebagai Ketua Prodi saya berharap agar pemahaman yang diperoleh bisa terimplementasi dalam kehidupan sehari-hari," tukas M Ridwan.

Dia menjelaskan, bentuk pengimplementasian yang lebih dari itu adalah bagaimana terkait Green Accounting di lingkungan kampus terutama terkait dengan lingkungan yang hijau, lingkungan yang bersih, serta lingkungan yang rapi nan indah.

"Oleh karena itu, secara tidak langsung kita mungkin tidak melakukan Green Reporting tapi pada hakikatnya kita sudah menerapkan konsep dari Green Accounting maupun Carbon Tax ini. Saya juga berharap Hima AK akan terus melakukan kegiatan-kegiatan berpengaruh positif kedepannya," pungkasnya. (*)

  • Bagikan