Hamka B Kady Kunjungi Dua Desa di Kecamatan Pattalassang, Ini Harapan Warga

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady melakukan silaturahmi dengan warga Desa Panaikang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Kamis, 1 Juni 2023.

GOWA, RAKYATSULSEL - Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady melakukan silaturahmi dengan warga Desa Sunggumanai dan Desa Panaikang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Kamis, 1 Juni 2023. Kunjungan tersebut dimanfaatkan oleh warga untuk menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada legislator Partai Golkar ini.

Daeng Agi, warga Desa Sunggumanai, mengeluhkan tidak adanya saluran air di jalan poros Pattallassang. Ia juga meminta agar Bendungan Sailong dibuatkan pintu air.

Warga lainnya, Ismail, berharap agar program P3TGAI yang telah dikerjakan di tahun 2021, bisa kembali dilakukan di tahun depan. Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) adalah program rehabilitasi, peningkatan, atau pembangunan Jaringan Irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan sendiri oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air, Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air secara swakelola.

Sementara di Desa Panaikang, salah seorang warga Daeng Sibali, meminta agar dibuatkan jembatan gantung di desanya. Ia juga mengeluhkan irigasi persawahan yang tidak maksimal, sehingga para petani harus memakai pompanisasi.

Menanggapi permintaan warga, Hamka B Kady, menjelaskan, untuk bantuan P3TGAI akan dilanjutkan setiap tahun. Untuk ploting lokasinya akan dikondisikan.

Terkait drainase di jalan poros Pattallassang, Hamka B Kady, menyebut, masuk kewenangan pemerintah provinsi. "Anggaran drainase itu harusnya ada karena pembangunan jalan itu harus ikut drainasenya. Tapi untuk jalan poros Pattalassang karena masuk kewenangan pemerintah provinsi, maka saya tidak tahu seperti apa kondisinya. Nanti saya tanya dulu Ketua DPRD Provinsi," tuturnya.

"Untuk pengadaan pintu air Bendungan Sailong akan saya koordinasikan dengan pihak Balai Pompengan," sambungnya.

Soal permintaan jembatan gantung di Desa Panaikang, Hamka B Kady mengaku akan mengupayakan. Begitupun mengenai keluhan warga akan irigasi persawahan.

Silaturahmi Hamka B Kady ke Desa Sunggumanai juga semakin meriah dengan pengundian doorprize. (*)

  • Bagikan