Langkah Cepat Penanganan Kebakaran, Dinas Damkar Siapkan Damtor dan APAR di Konter Makassar

  • Bagikan
Kepala Damkar Kota Makassar Hasanuddin (dok)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar menyediakan masing-masing satu unit Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Kontainer Terpadu Makassar (Konter) di setiap kelurahan yang ada di Kota Makassar.

Hal itu sebagai penanganan awal bila terjadi kebakaran pemukiman warga.

"Di 143 Konter kami siapkan masing-masing APAR bila mana terjadi kebakaran diwilayah kelurahan masing-masing, itu segera ambil apar di konter sebagai penanganan awal," ungkap Kepala Damkar Kota Makassar Hasanuddin, Selasa (4/7).

Selain APAR, Hasanuddin mengungkapkan pihaknya juga menempatkan motor pemadam kebakaran lorong (Damtor) di Konter yang siap dikerahkan jika terjadi kebakaran di wilayah kelurahan. .

Ia menjelaskan jika ada warga yang mengetahui adanya kebakaran di sekitar mereka diharapkan segera mendatangi Konter untuk melaporkan kejadian tersebut. Damtor yang berada di konter akan segera menuju lokasi kebakaran.

Setelahnya, kata Hasanuddin, petugas operator yang berjaga di Konter akan menghubungi 112 untuk meneruskan informasi kebakaran kepada Dinas Damkar Makassar dan segera meluncur ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

"Bisa disampaikan dan menyambungkan ke 112 jadi tidak putus informasi. Sehingga ada penanganan awal. Selanjutnya, kami dari Damkar menyusul ke lokasi," terang Hasanuddin.

Ia mengungkapkan sudah ada tiga kejadian kebakaran yang ditangani langsung oleh Damtor. Meski begitu, Damkar tetap turun ke lokasi kejadian untuk melakukan.

"Ada tiga penanganan kalau tidak salah begitu ada kejadian di kelurahan langsung ditangani oleh Damtor," ujar Hasanuddin.

Guna meningkatkan penanggulangan kebakaran di Kota Makassar, Hasanuddin mengaku di tahun ini dilakukan pengadaan 50 unit pompa portabel yang tersambung dengan pipa tandon air untuk program pemadam kebakaran lorong (Peka Rong). Sehingga saat ini total ada 103 unit.

Bahkan, ditargetkan tahun 2024 akan kembali dilakukan penambahan sebanyak 50 unit lagi untuk mencapai setiap kelurahan di Kota Makassar. Peka Rong merupakan program yang memberdayakan pemuda-pemuda lorong sehingga upaya pencegahan terhadap bahaya kebakaran cepat teratasi utamanya di lorong-lorong sempit yang sudah dijangkau menggunakan mobil damkar.

"Hingga 2024, nanti masing-masing kelurahan ada Damtor dan Peka Rong, jadi untuk pengisian damtor ini di Peka Rong. Kami siapkan tandon, alat kompa dengan radius 200 meter bisa digunakan Peka Rong ini," tutup Hasanuddin. (Sasha Anastasya/B)

  • Bagikan