Parpol Mulai Kerucutkan Usulan Nama Pj Gubernur Sulsel

  • Bagikan
Pimpinan DPRD Sulsel saat di Kemendagri, Jakarta dalam rangka konsultasi soal pengusulan nama Penjabat Gubernur Sulsel, Senin (31/7/2023).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pimpinan dan fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulsel, telah melakukan konsultasi ke Mendagri perihal mekanisme pengusulan nama Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Pengganti Andi Sudirman Suleiman (ASS).

Bahkan para pimpinan DPRD yang dipimpin langsung Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, bertandang ke Jakarta Senin 31 Juli 2023 kemarin. Hal ini dibenarkan oleh Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Sulsel, Ady Anshar.

"Kunjungan ke Kemendagri itu terkait konsultasi mekanisme pengajuan nama Pj Gubernur. Normatif ji," katanya saat dimintai tanggapan, Selasa (1/8/2023).

Menurutnya, pimpinan Dewan dan fraksi hanya konsultasi bagaimana mekanisme pengajuannya. Jadi setelah itu, setiap fraksi di DPRD Sulsel akan mengajukan 1-3 nama.

"Selanjutnya jadi pembahasan bersama di DPRD nantinya sehingga disepakati keluar tiga nama itu nanti diajukan ke Kemendagri," jelas politisi asal Selayar itu.

Lebih lanjut Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Kepulauan Selayar itu memebeberkan nama-nama jagoan fraksi NasDem yang telah disiapkan untuk diusul dan dibahas bersama di DPRD nantinya.

Adapun tiga nama diusul NasDem yakni. Pertama, staf ahli bidang pemerintah dan otoda Kemenpan RB,
Drs. H. Jufri Rahman, M.Si.  Kedua, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Depdagri, Dr Drs Bachtiar MSi. Ketiga sosok Staf ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang hukum, Prof. Dr. H. Aswanto, SH, MH.

Sedangkan, nama Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Menko Polhukam, Laksma TNI Abdul Rivai, tidai masuk dalam daftar yang digodok fraksi NasDem.

"Sudah ada tiga nama NasDem usulkan. Kita godok nama, pak Jufri Rahman, Bachtiar dan Aswanto. Kalau Abd Rivai Ras, tidak masuk," jelas Ady Anshar.

  • Bagikan