Siap Digelar, F8 2023 Gabungkan Konsep Nilai Kebangsaan dan Hiburan

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Persiapan perhelatan Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 kembali digelar di kawasan Anjungan Pantai Losari Jalan Penghibur Kota Makassar pada 23-27 Agustus 2023 mendatang terus dimatangkan.

Saat ini persiapan untuk acara bergengsi F8 telah mencapai 70 persen.

"Sudah sekitar 70 persen, karena inikan sudah swasta cuma kan tetap kita (Pemkot Makassar) bekerja sama dengan mereka (penyelenggara) programnya Makassar," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Selasa (8/8).

Danny, sapaan akrabnya, menyebut di tahun ini perhelatan F8 mengusung konsep yang berbeda dari sebelumnya, salah satunya memasukkan unsur nilai kebangsaan didalamnya. Mengingat tahun ini merupakan tahun politik.

Sehingga, perhelatan F8 ini nantinya akan menggabungkan antara keunikan konsep, nilai kebangsaan, hiburan, serta dimensi internasional.

""Kami berusaha untuk menghadirkan konsep yang tidak hanya berbeda, tetapi juga spektakuler. Kami ingin menggabungkan nilai kebangsaan dengan hiburan yang menarik," terang Danny Pomanto.

Namun, untuk mewujudkan konsep tersebut, Danny menyebut masih membutuhkan dukungan sponsor, terutama dalam pembangunan panggung yang akan menjadi pusat perhatian.

"Cuma memang kita butuh sponsor untuk panggungnya, karena ini tidak pakai uang negara lagi, kita harus undang sponsor untuk skenario itu," jelas Danny.

Danny mengungkapkan beberapa negara juga telah memberikan komitmen untuk turut serta dalam acara ini, termasuk melalui kedutaan dari berbagai negara, seperti Korea dan Singapura.

"Beberapa negara sudah nyatakan ikut, peredaran undangan di VIP juga sudah," ucap Danny.

Sementara itu, memberikan kenyamanan kepada para pengunjung juga menjadi perhatian utama dalam persiapan acara ini. Dengan cuaca yang memasuki puncak kemarau, Danny menyebut langkah-langkah telah diambil untuk memastikan para penonton tetap merasa nyaman.

Seperti, penyediaan semprotan air dan langkah pencegahan lainnya akan diterapkan agar pengunjung dapat menikmati acara tanpa hambatan.

"Jadi memang kita mulai sore, teman-teman pemadam saya harap untuk karena panas kan dari bawah. Saya kira kenyamanan terus kita perhatikan. Spray-spray air itu perlu kita siapkan," tutup Danny.

Diketahui, event F8 ini masuk pada Kalender Event Nasional (KEN) 2023 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Pagelaran F8 ini telah berlangsung sejak tahun 2016, namun karena adanya pandemi Covid-19 maka di tahun 2020 dan 2021 ini ditiadakan dan kembali terlaksana di tahun 2022. (Shasa/B)

  • Bagikan