Dimata Akademisi Peringatan HUT RI ke-78 Diharap Jadi Simbol ‘Merdeka Memilih’ di Pemilu 2024

  • Bagikan
Prof Sukri Tamma

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Momentum Peringatan HUT Kemerdekaan Republik  Indonesia ke-78 tahun terbilang istimewa, pasalnya untuk tahun politik akan masuk beberapa bulan lagi, dan dewasa ini euforianya sudah mulai nampak.

Dengan demikian, momentum peringatan HUT RI bisa disematkan Merdeka Memilih Pada Pemilu 2024. Tentu ada nilai yang mesti dipetik dari Nilai Kemerdekaan yang perayaannya akan memuncak pada (17/8/2023).

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin, Sukri Tamma menuturkan perayaan kemerdekaan seyogyanya selalu menjadi momentum untuk memetik nilai dari para pendahulu dalam mendidik bangsa ini.

Ia mengutarakan, secara tujuan bangsa ini berdiri untuk melawan penindasan dan penjajahan tak sedikit pengorbanan yang dilakukannya dan juga dilakukan bersama-sama, meski dengan latar belakang pemikiran pada setiap tokoh pendiri bangsa ini bermacam-macam.

“Negara adalah negara yang bangun secara bersama, nilai kebersamaan itu yang mesti dijaga,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Selasa (15/8/2023).

Tentu ini menjadi petikan utama sambung Sukri Tamma, secara khusus untuk proses pelaksanaan pemilu yang akan datang.  Penyelenggara Pemilu sendiri tentu mampu menyelenggarakan pesta demokrasi lima tahunan itu tanpa tendensi dari manapun dan Prosesnya tidak memihak pada siapa pun sesuai dengan asas pemilihan umum.

Tak elak juga para kandidat dan parpol juga harus menjadi role model pengaplikasian Demokrasi yang sehat.

 “Ini harus dijaga apalagi mereka (kandidat dan Partai politik,red) calon pahlawan, yang diminta untuk  berjuang untuk rakyat, dengan kondisi nilai kebersamaan  yang harus dijaga bersama,” kuat Sukri Tamma.

Ia menyampaikan, untuk para pemilih juga pasti mengetahui seperti apa kebutuhan dan dan calon pemimpin yang ideal sesuai dengan zaman ini, yang tentu harus mawas dengan apa yang saat ini dibutuhkan masyrakat dalam kerkehidupan berbangsa dan bernegara. 

“Pemilih juga harus bebas dari intervensi dari pihak manapun. Olehnya itu momentum peringatan HUT RI tahun ini, harus menjadi momentum Merdeka Memilih pada Pemilu 2024 mendatang,” pungkasnya. (Abu/A)

  • Bagikan