Resmi Ditutup, Pameran Semarak Kemerdekaan Bantaeng Berkibar Catat Transaksi UMKM Capai Rp 200 Juta

  • Bagikan
Suasana penutupan Semarak Kemerdekaan Bantaeng Berkibar di Lapangan Hitam Pantai Seruni, Kecamatan Bantaeng.

BANTAENG, RAKYATSULSEL - Semarak Kemerdekaan Bantaeng Berkibar dalam rangka menyambut dan memeriahkan Dirgahayu Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Kabupaten Bantaeng resmi ditutup, Jum'at (18/8) malam.

Untuk diketahui, Semarak Kemerdekaan Bantaeng Berkibar memiliki rangkaian yang telah berhasil dilaksanakan. Diantaranya, seperti Pameran OPD, Pameran UMKM, Talkshow UMKM, Festival Band Akustik Pelajar, Lomba Rampa' Bulo, Lomba Qasidah Shalawat, Pawai Bantaeng Berkibar, Karnaval PAUD, Gerak Jalan Indah, Lomba Senam Profil Pelajar dan Lomba Becak Hias.

Seksi Pameran Semarak Kemerdekaan Bantaeng Berkibar Asruddin memaparkan, berjalan selama lima hari, panitia mencatat pameran UMKM mencapai transaksi kurang lebih Rp 200 juta. Jumlah pengunjung tercatat 600 sampai 700 orang.

"Jadi banyak produk yang dipasarkan dalam pameran yang merupakan hasil dari binaan bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW bapak Bupati Bantaeng Ilham Azikin," kata dia.

Selain itu, banyaknya pengunjung juga disebabkan oleh banyaknya OPD yang ikut mengisi booth pameran. Dari layanan DPMPTSP telah terbit 30 Nomor Induk Berusaha (NIB). Disdukcapil mencatat 120 layanan kependudukan. Kemudian Dinas Kesehatan Bantaeng melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis kepada 648 orang.

Kemudian, dari Dinas Ketahanan Pangan Bantaeng melaksanakan pasar murah juga membuat banyak pengunjung untuk berbelanja pangan murah. "Atas nama panitia kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh OPD dan UMKM yang telah mengisi booth pameran," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Bantaeng Abdul Wahab dalam sambutanya sekaligus menutup Semarak Kemerdekaan Bantaeng Berkibar mengatakan, Kepemimpinan periode Bupati Bantaeng Ilham Azikin dan Wakil Bupati Bantaeng Sahabuddin mendorong kesejahteraan bagi masyarakat Bantaeng.

"Kepemimpinan periode saat ini mengajak masyarakat berusaha di sektor UMKM untuk kehidupan di masa yang akan datang jauh lebih baik. Maka dari itu di pameran ini ditampilkan produk UMKM hasil binaan pemerintah dan masyarakat yang berpotensi untuk dibantu," kata dia.

Melalui pameran, pelaku UMKM dapat mengetahui kebutuhan dan minat masyarakat di Kabupaten Bantaeng. "Sehingga pelaku UMKM bisa mendapat informasi kebutuhan dan minat masyarakat," kata dia.

Kepemimpinan saat ini juga kata Abdul Wahab mendorong kemudahan pelayanan yang cepat dan tepat kepada masyarakat.

"Pelayanan pemerintah kita saat ini sudah bisa secara online dengan cepat dan tepat kepada masyarakat. Bapak Bupati Bantaeng menitip salam kepada kita semua," katanya. (Jet)

  • Bagikan