Perhelatan F8 Siap Digelar, Target Kunjungan 1 Juta Orang

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - 2000 tamu VIP akan hadiri perhelatan International Eight Festival and Forum atau F8 yang akan berlangsung pada tanggal 23-27 Agustus 2023. Hal itu diungkapkan oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Selasa (22/8).

Danny, sapaan akrabnya mengatakan sejumlah Wali Kota dan Gubernur se-Indonesia mengkonfirmasi kehadiran mereka. Di antaranya, Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Wali Kota Bandung Bima Arya. 

"Kemudian kepala daerah bertambah pak Bobby Nasution akan datang, ada pak Bima Arya dan sementara melapor itu Banjarmasin. Biasanya banyak yang tidak melapor," ujar Danny. 

Sementara itu, ada 100 tamu VVIP yang hadir seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, hingga delegasi beberapa negara. 

Para tamu VVIP akan di jamu pada Welcome Dinner yang rencana akan dilangsungkan di Sunset Cove Kawasan Center Point of Indonesia (CPI) sebagai salah satu rangkaian kegiatan pada pembukaan F8 23 Agustus. "2 ribu disini (panggung) tapi di kapal ada 100 tamu VVIP," kata Danny. 

Maka dari itu, Danny menyebut persiapan terus dimatangkan jelang perhelatan F8 yang akan berlangsung besok. "Tadi saya sudah cek makan malam disana (sunset cove) sudah siap, tinggal lampunya," ujar Danny. 

Lebih lanjut, kata Danny Pomanto, event F8 juga akan menampilkan Fly Pass Sukhoi TNI Angkatan Udara sebanyak tiga pesawat. Bertambah satu dari tahun lalu.

"Sukoi itu ada tiga, kita tambah satu. Makanya kita undang seluruh masyarakat RT/RW, dewan lorong, untuk menyaksikan atraksi sukhoi di area Tugu MNEK," ucap Danny Pomanto.

Ia mengatakan event F8 tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya karena dihadiri sekitar sebelas negara. Diantaranya Singapura, Thailand, Vietnam, Laos, Philipina, Jepang, Malaysia, Prancis, Australia, Portugal, dan India.

Bahkan, lima negara ASEAN mengirim fashion desainer untuk mengikuti F8 di Kota Makassar. Yakni, Singapura, Thailand, Vietnam, Philipina, dan Laos.

"Kondisi ini lebih baik dari tahun lalu, apalagi kualitas telent yang hadir lebih baik dari tahun kemarin sehingga kita harus menjaga agar penyelenggaraan kegiatan ini berlangsung dengan baik," ujar Danny.

  • Bagikan