Antisipasi Genangan, Dinas PU Kota Makassar Keruk Saluran Sekunder di Jalan Tarakan dan Salemo

  • Bagikan
Pengerukan saluran sekunder di Jalan Tarakan dan Jalan Salemo, Kelurahan Malimongan, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Selasa (29/8). 

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar melakukan pengerukan saluran sekunder di Jalan Tarakan dan Jalan Salemo, Kelurahan Malimongan, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Selasa (29/8). 

Tindakan pengerukan saluran sekunder ini melibatkan tim satgas drainase dari Dinas PU Makassar sebanyak 22 orang. Mereka menggunakan alat berat excavator spider dan 3 unit dump truck untuk mengerjalan pengerukan tersebut. 

Rencananya, proses pengerukan akan memakan waktu kurang lebih 1 bulan. Sebab, saluran sekunder yang dikeruk memiliki dimensi lebar 3 meter dengan panjang mencapai 200 meter. 

Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk meminimalisir genangan air yang sering terjadi di beberapa titik. Seperti Jalan Muhammadiyah, Satangnga, Muna, Kabaena, Irian, dan Bulusaraung.

Kepala Dinas PU Kota Makassar, Zuhaelsi Zubir mengatakan pihaknya di tahun ini fokus pada pengerukan saluran sekunder agar saluran tersier yang terhubung dapat berfungsi dengan baik dan mengurangi genangan air di sekitar wilayah tersebut. 

"Tahun ini kami masif mengeruk saluran sekunder agar saluran tersier yang terhubung dapat berfungsi dengan baik dan meminimalisir genangan yang ada di beberapa lokasi sekitar," ujar Zuhaelsi. 

Ia pun berharap tindakan pengerukan ini masyarakat Makassar dapat terhindar dari dampak genangan air yang sering mengganggu. (Shasa/B)

  • Bagikan