Dua Nama Ini Bersaing jadi Pj Gubernur Sulsel, Berikut Profil Bachtiar dan Prof Aswanto

  • Bagikan
Ilustrasi

Setelah lulus dari STPDN, ia lalu berkarir sebagai ASN di Kementerian Dalam Negeri. Bahtiar juga melanjutkan jenjang pendidikannya di Institut Pemerintahan Ilmu Pemerintahan (2000), Magister Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjajaran (2008) dan Doktor Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjajaran (2013).

Sedangkan, Prof. Dr. Aswanto lahir di Palopo, Sulawesi Selatan, 17 Juli 1964. Meski lahir di Palopo, namun Aswanto kebanyakan menetap di Jakarta. Ia adalah mantan hakim di Mahkamah Konstitusi (MK). Aswanto merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

Tahun 2022, Aswanto juga mengantongi gelar diploma Kedokteran Forensik dan Hak Asasi Manusia dari Institute of Groningen State University, Belanda.

Sebelum menjadi hakim, Aswanto, sempat mengajar di Unhas. Bahkan ia menjadi Dekan Fakultas Hukum di universitas tersebut selama 2010-2014.

Selain di Universitas Hasanuddin, Aswanto juga pernah mengajar di program S2 Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dan Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKIP) Makassar. Tahun 2014 menjadi masa awal Aswanto menjabat sebagai hakim konstitusi.

Bagaimana melihat peluang kedua figur ini?. Pengamat Politik hubungan internasional (HI) Unhas Makassar, Ishaq Rahman berpandangan sejak awal kedua nama ini telah beredar di masyarakat, sehingga hal ini bukan sesuatu yang mengejutkan.

"Keduanya memiliki kompetensi manajerial dan kepemimpinan yang tidak diragukan. Apalagi secara administratif keduanya memenuhi syarat," ujarnya, Rabu (30/8/2023).

  • Bagikan