Sambut Dies Natalis ke-67, Unhas Pengabdian Masyarakat di Pulau Cambang Cambang Pangkep

  • Bagikan
Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan Pemkab Pangkep menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, bertempat di Pulau Cambang Cambang, Kabupaten Pangkep, Rabu (30/8/2023).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sebagai rangkaian Dies Natalis ke-67, sekaligus bentuk tanggung jawab sosial dan komitmen berkontribusi nyata dalam masyarakat, Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pangkep menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, bertempat di Pulau Cambang Cambang, Kabupaten Pangkep, Rabu (30/8/2023).

Mengawali kegiatan, Ketua Panitia Dies Natalis ke-67 Unhas, Prof. Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp.,M.Si, menjelaskan sebelumnya panitia penyelenggara telah melaksanakan audiensi dengan Bupati Pangkajene dan Kepulauan, H. Muhammad Yusran Lalogau, S.Pi.,M.Si.

Dalam rangka membahas dan menindaklanjuti agenda pengabdian masyarakat bersama LPPM Unhas beserta pimpinan OPD Pangkep guna mengharmonisasi seluruh kegiatan pengabdian masyarakat. Terdapat 32 kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan.

Rektor Unhas yang diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang SDM, Alumni dan Sistem Informasi Unhas (Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum) mengatakan kegiatan pengabdian masyarakat merupakan wujud komitmen dari tanggung jawab Universitas Hasanuddin untuk optimalisasi peningkatan daerah.

Prof Farida menambahkan, pengabdian dilakukan pada berbagai bidang disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi wilayah. Unhas terus berupaya menghadirkan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan.

"Kami datang bukan sebagai tamu, tapi ingin menjadi bagian dari masyarakat Pangkep," jelas Prof. Farida Patittingi.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pangkajene dan Kepulauan (H. Muhammad Yusran Lalogau, S.Pi.,M.Si ), mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Unhas yang memberikan perhatian serius dalam upaya peningkatan kualitas dan kemajuan masyarakat Pangkep.

Yusran mengatakan, pembangunan suatu wilayah akan maju jika melibatkan perguruan tinggi dalam pengambilan kebijakan. Di Pangkep, Yusran mengatakan peran Unhas sangat dirasakan pada pembangunan dan tata kelola. Beliau mengharapkan, pengabdian tersebut akan terus berlangsung.

"Dalam kegiatan tersebut, ada beberapa agenda yang dilakukan, yakni penyerahan bantuan tempat penyimpanan rumput laut yang berkapasitas 100 kilogram dari Unhas kepada Pemda Pangkep," tutunya.

Selain itu, juga terlaksana pameran produk hasil pengabdian masyarakat, dan ditutup dengan penyerahan hasil olahan rumput laut pengabdian masyarakat oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas (Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K)) kepada Bupati Pangkep dan Camat sebagai perwakilan dari masyarakat.Kegiatan berlangsung lancar dan hikmat hingga pukul 13.00 Wita.

Turut hadir Ketua Majelis Wali Amanat Unhas (Prof Dr Andi Alimuddin Unde MSi), Ketua Senat (Prof. Dr. Baharuddin Thalib, drg., M.Kes., Sp.Pros (K)), Ketua LPPM Unhas (Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D., Sp.MK), Sekertaris LPPM Unhas (Ir. Suharman Hamzah, ST., MT., Ph.D (Eng), HSE), Seluruh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan LPPM Unhas, Seluruh Dekan Fakultas dan Seluruh Panitia Baik dari Unhas dan Pemda Pangkep yang telah menyiapkan seluruh rangkaian kegiatan ini. (Yadi/A)

  • Bagikan